Menlu AS Kunjungi Korea Utara
Mike Pompeo (kiri) ketika bertemu Kim Jong-un, April lalu. (Foto: AFP)
Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo dikabarkan telah tiba di Korea Utara (Korut) untuk mempersiapkan pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un.

Diperkirakan, Trump dan Kim akan bertemu di akhir bulan Mei atau awal Juni. Namun, lokasi pasti belum diumumkan hingga sekarang.

"Menlu Pompeo mengunjungi Korut untuk mempersiapkan pertemuan saya dengan Kim Jong-un," kata Trump, dikutip dari Guardian, Rabu 9 Mei 2018.


"Kami sudah memiliki jadwal. Lokasi sudah. Waktu dan tanggal. Kami harap ada kesuksesan dari pertemuan ini," lanjut dia.

Baca: Trump Bersedia Lupakan Pembicaraan dengan Korea Utara

Trump tampaknya sangat optimistis dengan rencana pertemuan dirinya dengan Kim. Ia mengatakan, hubungan AS dan Korut kini sedang dibangun ke arah yang lebih baik.

"Kami melihat bagaimana semuanya bekerja. Hal ini akan menjadi hal yang hebat untuk Korut, Korsel dan seluruh dunia," tukas Trump.

Pompeo terbang ke Pyongyang Senin malam waktu setempat dengan menaiki Air Force 757 didampingi oleh beberapa diplomat senior, protokol keamanan dan dua wartawan.

Diperkirakan, pagi hari ini waktu Korut, Pompeo sudah tiba di Pyongyang dan bakal disambut oleh para pejabat Korut.

Para pejabat Kementerian Luar Negeri AS mengatakan, sejumlah isu akan dibahas Pompeo di samping rencana pertemuan Trump dan Kim. Salah satunya, pembebasan tiga warga AS yang masih ditahan Pyongyang.

Pertama kali Pompeo ke Korut adalah awal April kemarin di mana dirinya masih menjabat sebagai Kepala CIA. Kunjungan dirinya ini terjadi pada masa transisi dirinya menggantikan Rex Tillerson sebagai diplomat tertinggi Amerika.




(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id