Usai KTT Korea, Zona Demiliterisasi Dibanjiri Wisatawan
Wilayah Zona Demiliterisasi yang menjadi tujuan wisatawan asing. (Foto: AFP)
Seoul: Efek positif dari pertemuan bersejarah Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, mulai terlihat. Dampak baik cukup menonjol terjadi di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan dua negara.

Dalam beberapa tahun terakhir, DMZ menjadi objek wisata para turis lokal maupun mancanegara. DMZ juga menjadi lokasi pertemuan antara Moon dan Kim, 27 April kemarin.

Dilansir dari Asian Correspondent, Rabu 23 Mei 2018, meski DMZ tak mudah diakses, rasa penasaran tetap membuat para wisatawan mengunjungi tempat ini. 


Namun, wisatawan, terutama asing, harus mengikuti tur perjalanan disertai pemandu tur dan hanya tersedia di tanggal dan bulan tertentu.

Selama tur, wisatawan juga harus menaati aturan yang cukup ketat, misalnya aturan berpakaian dan pedoman mengambil gambar.

Pasca pertemuan antara Moon dan Kim, jumlah pengunjung ke DMZ pun meningkat drastis mencapai 30 persen di mana awalnya hanya 1.200 pengunjung per hari kini menjadi 3.000 pengunjung per hari.

Mayoritas wisatawan ingin melihat seperti apa rupa perbatasan dua negara ini, termasuk Taman Imjingak, Jembatan Pembebasan, Terowongan Infiltrasi Korut dan Stasiun Kereta Dorasan.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360