Angkatan Udara Tiongkok Pamer Jet Siluman J-20
Jet tempur siluman J-20 milik Tiongkok. (Foto: AFP)
Beijing: Untuk pertama kalinya, Angkatan Udara Tiongkok menunjukkan kemampuan empat jet tempur siluman J-20. Jet tempur ini dipamerkan di pertunjukkan Airshow China di Zhuhai.

Dua dari empat jet J-20 ini juga memamerkan kemampuan membuka puntu muatan rudal dalam keadaan tetap terbang dengan kecepatan tinggi. Kemampuan seperti ini memang dibutuhkan untuk meluncurkan rudal selama jet menghadapi pertempuran udara. 

"Kemampuan ini hanya dimiliki jet buatan Amerika. Su-57 buatan Rusia juga belum mampu melakukannya," kata seorang pejabat militer Tiongkok, dikutip dari South China Morning Post, Kamis 15 November 2018.


Saat ini, baru jet tempur F-22 Raptor dan F-35 Lightning II milik Amerika Serikat yang terbukti mampu membuka pintu muatan rudal dan meluncurkannya saat terbang dalam kecepatan tinggi.

Jet J-20 juga mampu membawa empat rudal jarak menengah dan panjang di mana rudal ini disimpan di ruang bagian bawah pesawat. Selain itu, ditambah pula rudal tempur jarak pendek di kedua sisi pesawat. 

Sementara itu, sebuah perangkat yang terpasang di sisi kanan jet berfungsi untuk menjalankan kemampuan siluman yaitu meminimalisir pantuan gelombang radar. 

Kemampuan ini membuat J-20 mampu menjangkau misi dengan radius lebih luas. Dalam kondisi bahan bakar penuh, J-20 mampu menempuh radius tempur lebih dari 1.100 kilometer. 

Wujud jet siluman J-20 pertama kali ditampilkan ke publik pada pameran tahun 2018, sebelum secara resmi bergabung dengan Angkatan Udara Tiongkok pada Maret 2017. 




(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id