Insiden penikaman yang terjadi di Melbourne, Australia, 9 November 2018. (Foto: AFP).
Insiden penikaman yang terjadi di Melbourne, Australia, 9 November 2018. (Foto: AFP).

Tunawisma Raih Rp1,3 M Usai Gagalkan Penikaman di Australia

Internasional terorisme australia
Arpan Rahman • 13 November 2018 19:12
Melbourne: Seorang tunawisma dipuji sebagai pahlawan setelah tayangan menunjukkan dia memakai kereta troli untuk turun tangan dalam serangan di jalanan Melbourne. Aksi heroiknya mendorong orang untuk menyumbangkan bantuan.
 
Laman galangan dana daring GoFundMepage telah mengumpulkan USD129.890 (setara GBP72.667 atau senilai Rp1.390.796.960) untuk seorang pria yang diidentifikasi oleh media lokal sebagai Michael Rogers sebagai ucapan terima kasih atas tindakannya.
 
Rekaman menunjukkan seorang pria mengendarai troli menuju ke arah penyerang Hassan Shire Ali, yang menikam tiga orang dan mengancam polisi di jalan, CNN melaporkan.
 
Pria itu dijuluki 'manusia troli' dan sebuah penggalangan dana, yang bertajuk 'Terima Kasih Manusia Troli', dibuat oleh badan amal Gelandangan Kolektif Melbourne untuk mengumpulkan uang mengganti teleponnya, yang hancur dalam insiden tersebut.
 
Laman itu berkisah:
 
"Pada 9 November 2018, seorang pria yang luar biasa bernama Michael Rogers dari Melbourne, yang sekarang dikenal sebagai 'Trolleyman', mempertaruhkan nyawanya demi menghentikan seorang teroris yang mengamuk. Rogers dengan berani mendorong troli belanja ke teroris untuk membantu polisi menangkapnya.
 
Kami telah belajar bahwa pahlawan kami 'tunawisma Trolleyman' dan ponselnya hancur dalam insiden itu. Kami yakin upayanya layak mendapatkan hadiah yang benar-benar dapat membantunya."
 
Rogers mengatakan kepada Seven News bahwa ia memutuskan untuk turut campur setelah ia melihat Ali memburu petugas polisi.
 
"Saya melihat troli di samping dan saya mengambilnya lalu saya berlari dan melemparkan troli lurus ke arahnya dan menangkapnya, tetapi tidak membuatnya jatuh. Dan saya melakukan gerakan beberapa kali, tidak juga membuatnya jatuh. Orang itu di luar kendali, jadi saya bertindak dan mencoba untuk menghajarnya dengan troli," kata Rogers, seperti dikutip dari Indy100, Selasa 13 November 2018.
 
Orang-orang di media sosial dengan cepat memuji tindakannya. Komisaris Polisi Victoria Graham Ashton mengatakan kepada 3AW: "Saya tidak suka mengkritik orang-orang dalam situasi itu, dia bertindak secara naluriah tentang apa yang dia lihat di depannya. Tetapi jika troli menabrak seorang anggota polisi dan menjatuhkannya dan kemudian pelanggar ini naik ke atasnya, kita bisa mendapat konsekuensi yang tragis."
 
Pertanyaan di benak setiap orang adalah: siapa Manusia Troli?


(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi