Pohon Pinus Simbol Perdamaian Dua Korea
Pohon pinus lambang perdamaian Korea Selatan dan Korea Utara (Foto: EPA).
Panmunjon: Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menanam pohon pinus di Zona Demiliterisasi (DMZ).
 
Penanaman pohon ini merupakan bagian dari pertemua antar-Korea di Panmunjom. Keduanya menanam pohon dengan harapan bahwa DMZ yang selama ini menjadi simbol konfrontasi dan perbecahan kedua negara, berubah menjadi tempat perdamaian dan kemakmuran.
 
(Baca: Kim Jong-un Harapkan Masa Depan Gemilang dari KTT Korea).
 
Pohon pinus merupakan pohon favorit bagi warga Korea, baik di Selatan maupun Utara. Adapun pohon yang ditanam ini, berusia 65 tahun yang mewakili lama waktu kedua negara itu terpisah sejak gencatan senjata usai Perang Korea 1953.
 
Dinas Kehutanan Korea mengatakan, pohon setinggi dua meter itu berasal dari sebuah taman di kompleks pemerintah di Daejeon.
 
Tidak hanya pohon yang melambangkan perdamaian kedua negara. Tanah yang digunakan untuk menanam pun dibawa dari Gunung Halla di Korsel dan dari Gunung Baekdu, dari Korut.
 
"(Presiden Moon) menyiram air dari Sungai Daedong dari wilayah Utara, sementara Kim Jong-un menyiram air dari Sungai Han dari Selatan," lapor Korean Herald, Jumat 27 April 2018.
 
Bersama, kedua pemimpin meresmikan monumen di depan pohon pinus itu. Pohon itu bertuliskan, 'planting for peace and prosperity," atau berarti 'Menanam pohon untuk perdamaian dan kemakmuran'.
 
Denuklirasi Semenanjung Korea adalah salah satu kesepakatan yang tercapai antara Presiden Moon Jae-in dan Kim Jong-un hari ini.
 
(Baca: Deklarasi Panmunjom Ditandatangani, Korsel-Korut Sepakat Denuklirisasi).
 
Sejumlah kesepakatan tertulis bertajuk Deklarasi Panmunjom sudah ditandatangani keduanya, sore hari waktu Seoul. mereka juga sepakat untuk mengurangi ketegangan antarmiliter dan mempromosikan perdamaian abadi di Semenanjung Korea.
 
Selain itu, Moon dan Kim juga sepakat untuk menghentikan setiap tindakan yang menunjukkan permusuhan dari kedua belah pihak sebagai upaya untuk mengakhiri Perang Korea 1950-1953 secara formal.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id