Militer Korsel-Korut Bertemu di Zona Demiliterisasi
Jenderal dari Korsel Kim Do-gyun (kiri) dan jenderal dari Korut Ahn Il-san. (Foto: AFP)
Seoul: Untuk pertama kalinya, Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) mengadakan pembicaraan militer dalam rangka merundingkan rencana Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menghentikan latihan bersama di Semenanjung Korea.

Pertemuan ini dilakukan oleh jenderal bintang dua dari kedua negara di desa perbatasan Panmunjom, Zona Demiliterisasi, hari ini.

Dilansir dari AFP, Kamis 14 Juni 2018, jenderal dari Korut Ahn Il-san mengatakan, rencana pemberhentian latihan itu belum terperinci sehingga perlu dibicarakan lebih lanjut.


Sementara itu, jenderal dari Korsel Kim Do-gyun mengatakan bahwa Korsel dan Korut akan mencari cara untuk meredakan ketegangan militer dan menyusun jadwal untuk pertemuan tingkat menteri.

Keduanya juga dikabarkan membicarakan soal rencana pendirian hotline dua negara yang menjadi bahasan saat Presiden Korsel Moon Jae-in dan Kim Jong-un bertemu, April lalu.

Sementara itu, sampai hari ini militer AS masih beroperasi di Korsel dan masih menjalankan latihan seperti biasanya.

Juru bicara militer AS di Korsel, Letnan Kolonel Jennifer Lovett mengatakan, sebelum Pentagon memberikan instruksi, pasukan AS tidak akan menarik diri dari Korsel. 




(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id