Ilustrasi jeruji besi penjara. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi jeruji besi penjara. (Foto: Medcom.id)

Tiga Warga Australia Ditahan di Iran

Internasional australia iran
Arpan Rahman • 11 September 2019 16:04
Canberra: Pemerintah Australia mengatakan tiga warganya saat ini sedang ditahan di Iran. Ini merupakan kelanjutan dari rangkaian penahanan yang dilakukan Iran terhadap warga negara Barat.
 
"Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan memberikan bantuan konsuler kepada keluarga dari tiga warga Australia yang ditahan di Iran," ujar juru bicara kementerian tersebut kepada AFP, Rabu 11 September 2019.
 
"Mempertimbangkan aspek privasi, kami tidak akan berkomentar lebih lanjut," sambungnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya media The Times melaporkan bahwa dua perempuan berkewarganegaraan Inggris-Australia sedang ditahan di penjara Evin di Teheran. Kantor berita ABC juga melaporkan bahwa pacar dari salah satu perempuan tersebut juga ikut ditahan.
 
Belum diketahui apakah ketiganya telah didakwa pasal tertentu di Iran. Salah satu perempuan itu dikabarkan telah ditahan selama lebih kurang 1 tahun.
 
Kabar penahanan tiga warga Australia muncul saat Negeri Kanguru mengumumkan rencana untuk bergabung dengan misi Amerika Serikat dalam melindungi aktivitas pelayaran di Selat Hormuz.
 
Agustus lalu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengumumkan rencana tersebut, dan akan berkontribusi dengan mengirim sebuah kapal fregat, pesawat pengintai maritim P8 dan beberapa staf militer.
 
Sebelumnya, Pemerintah Australia telah memperbarui peringatan perjalanan bagi seluruh warga Australia yang sedang berada atau akan pergi ke Iran. Untuk warga Australia yang ada di Iran, pemerintahan PM Morrison meminta mereka untuk tidak mendekati area yang berbatasan dengan Irak dan Afghanistan.
 
Sejumlah analis menilai penahanan ini merupakan salah satu taktik Iran untuk mendapatkan keuntungan politik dalam perselisihannya dengan sejumlah negara Barat.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif