Menlu Malaysia Saifuddin Abdullah. (Foto: AFP)
Menlu Malaysia Saifuddin Abdullah. (Foto: AFP)

Malaysia Larang Atlet Israel Ikut Kualifikasi Olimpiade

Internasional malaysia israel olimpiade 2020
Sonya Michaella • 18 Januari 2019 09:34
Kuala Lumpur: Pemerintah Malaysia melarang warga Israel berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan negara tesebut, termasuk larangan atlet Israel berlaga dalam Paralimpiade Malaysia, Juli 2019.
 
Para perenang dari seluruh dunia akan datang ke Malaysia untuk mengikuti paralimpiade sebagai bagian dari kualifikasi Tokyo 2020 Paralympics.
 
"Bahkan, jika kami menjadi tuan rumah acara, warga Israel tidak diperbolehkan masuk ke Malaysia," kata Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah, dikutip dari AFP, Jumat 18 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saifuddin mengatakan, pemerintah juga berusaha untuk tidak mengadakan acara yang melibatkan peserta asal Israel untuk beberapa waktu ke depan. Keputusan ini, ujar dia, didasarkan pada alasan kemanusiaan dan atas nama warga Palestina yang tertindas.
 
Malaysia juga menolak permohonan dari Komite Paralimpiade Internasional untuk menemukan solusi bagi larangan yang ditetapkan pekan lalu tersebut.
 
Baca:Strategi Kemenpora Jelang Olimpiade Tokyo 2020
 
Malaysia merupakan pendukung setia dari Solusi Dua Negara konflik Palestina dan Israel. Malaysia juga tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan warganya dilarang masuk ke Tel Aviv tanpa izin khusus.
 
Keputusan terbaru Malaysia untuk melarang atlet Israel berlaga ini mendapat dukungan dari sekitar 29 organisasi non-pemerintah termasuk Organisasi Kebudayaan Palestina di Malaysia yang memuji sikap pemerintahan Perdana Menteri Mahathir Mohamad.
 
Kendati demikian, keputusan Malaysia ini dikritik keras oleh Pemerintah Israel. Mereka menyebut PM Mahathir sebagai sosok 'anti-Semitisme'.
 
"Israel mengutuk keras keputusan yang terinspirasi oleh anti-Semitisme fanatik dari PM Malaysia Mahathir Mohamad. Larangan itu sangat berseberangan dengan semangat Olimpiade," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Emmannuel Nahshon.
 
Sebelumnya pada 2015 silam, Malaysia juga pernah melarang atlet surfing Israel masuk ke negaranya. Mereka harus mengundurkan diri dari kompetisi di Pulau Langkawi karena visanya ditolak.
 
Kuala Lumpur juga menolak untuk menjadi tuan rumah konferensi FIFA pada 2017 karena delegasi Israel dinyatakan akan hadir.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif