Usai KTT Korea, Popularitas Kim Jong-un di Korsel Meroket
Presiden Korsel Moon Jae-in (kiri) bersama pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: KCNA via KNS)
Seoul: Konferensi Tingkat Tinggi pekan lalu, antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, sama-sama meningkatkan popularitas kedua tokoh tersebut di kalangan masyarakat Korsel.

Menurut jajak pendapat Gallup Korea, seperti dilansir ABC News, Jumat 4 Mei 2018, tingkat kepuasan publik Moon meningkat menjadi 83 persen pekan ini, bertambah 10 poin dari pekan sebelumnya.

Hasil mengejutkan muncul dari popularitas Kim Jong-un, yang ternyata dinilai sebagai sosok yang "dapat dipercaya" oleh 78 persen warga Korsel dalam sebuah survei di MBC TV


Dari 78 persen itu, 17 persen di antaranya bahkan menilai Kim Jong-un "sangat dapat dipercaya." Sebanyak 60 persen sisanya menganggap Kim "secara umum dapat dipercaya."

"Dia sangat berbeda dari apa yang sempat saya kira," ujar Kim So-yeon, seorang ibu rumah tangga di Seoul, kepada ABC News. Ia mengaku terkejut saat Kim Jong-un mengakui infrastruktur Korut masih tertinggal dari Korsel dan menyerukan adanya persatuan dari dua Korea. 

"Dia terlihat baik dan pidatonya menyentuh. Dia seperti orang normal pada umumnya: tersenyum dan bercanda," tutur Kim So-yeon. 

Ada juga beberapa orang lain yang mengapresiasi KTT Korea, namun tetap mencurigai ada atau tidaknya motif tersembunyi dari Kim Jong-un.

"Saya tidak menyangka bisa melihat Kim dan Moon berbincang-bincang seperti sahabat karib," kata Sohn Chang-keun, seorang warga Korsel lainnya, kepada ABC News

"Ini seperti sesuatu yang tidak dapat dipercaya, dan terkadang saya bertanya kepada diri saya sendiri, apakah saya dibodohi oleh penampilan ini, karena berjalan terlalu sempurna," lanjut dia. 

Sejumlah pengamat politik menilai KTT Korea di Zona Demiliterisasi (DMZ) berjalan baik setelah dipersiapkan selama lebih kurang 1,5 bulan. Kesuksesan KTT Korea membuat Presiden Amerika Serikat Donald Trump mempertimbangkan DMZ sebagai tempat pertemuannya dengan Kim.

 



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id