Jepang mulai pemusnahan unggas (Foto: AFP)
Jepang mulai pemusnahan unggas (Foto: AFP)

Satu Warga Hong Kong Tewas Terinfeksi Virus Flu Burung

Internasional virus flu burung
Sonya Michaella • 30 Desember 2016 15:38
medcom.id, Hong Kong: Otoritas Hong Kong menyatakan satu warganya telah terinfeksi virus flu burung dan akhirnya meninggal. Ini adalah kasus flu burung pertama di Hong Kong sejak virus flu burung kembali merebak sejak Oktober lalu.
 
Dilansir AFP, Jumat (30/12/2016),  pria 75 tahun tersebut positif flu burung setelah berkunjung ke Provinsi Guangdong di Tiongkok. Di provinsi tersebut, dilaporkan ia membeli seekor ayam di pasar tradisional.
 
Dinas Kesehatan Hong Kong mengatakan, sepulang dari kunjungan tersebut, si pria menderita sakit dan pengujian menunjukkan hasil positif virus flu burung. Lebih dari 50 orang diketahui menjalin kontak dan berdekatand dengan korban, dan mereka kini berada di bawah pengawasan medis. Pasalnya, virus flu burung bisa menular dari manusia ke manusia lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, Jepang mulai memusnahkan 90.000 unggas yang mengandung virus untuk mencegah penyebaran virus flu burung. Terhitung lebih dari satu juta unggas peternakan yang dimusnahkan oleh para petugas sebagai upaya pencegahan penyebaran virus strain H5 atau flu burung.
 
Otoritas setempat mengklaim bahwa Prefektur Kumamoto di barat daya Jepang mulai memusbahkan 93.000 unggas peternakan setelah virus flu burung positif ditemukan di kota Nankan.
 
"Pemusnahan ini diharapkan selesai dalam 24 jam," kata seorang pejabat kesehatan Jepang.  Kasus flu burung di Jepang selama musim dingin ini pertama kali muncul pada November. Hal itu menyebabkan 18.000 unggas dimusnahkan di Prefektur Aomori.
 
Beberapa kasus lain pun muncul di penjuru Jepang, mulai dari pulau paling utara yaitu Hokkaido hingga Kyushu di barat daya.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif