Kru penyelamat mencari para korban letusan gunung White Island. (Foto: Michael Schade).
Kru penyelamat mencari para korban letusan gunung White Island. (Foto: Michael Schade).

Korban Gunung Meletus Selandia Baru Bertambah

Internasional selandia baru
Marcheilla Ariesta • 09 Desember 2019 16:50
Wellington: Jumlah korban erupsi gunung berapi White Island di Selandia Baru bertambah menjadi lima orang. Jumlah korban terluka juga semakin bertambah.
 
"Ada lima jenazah yang ditemukan dan berhasil diselamatkan dari pulau itu," kata Wakil Komisioner John Tims kepada reporter, dilansir dari AFP, Senin 9 Desember 2019.
 
Tims menambahkan, 18 orang tengah dirawat akibat terluka. Beberapa diantaranya menderita luka bakar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Tims, pihaknya tengah mencoba menghubungi grup lain yang berjumlah sekitar 10 orang. Kelompok ini tetap berada di pulau tersebut sesaat setelah letusan gunung.
 
"Kami tidak yakin dengan keselamatan mereka," tuturnya.
 
Letusan terjadi pada pukul 14.11 siang waktu setempat. Gunung ini meletus tanpa peringatan. Sementara itu, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern membenarkan ada beberapa orang yang terjebak dalam bencana tersebut, termasuk turis asing.
 
"Kami tahu ada sejumlah turis di atau sekitar pulau saat itu, baik warga Selandia Baru maupun pengunjung dari luar negeri," tuturnya.
 
Polisi sendiri berusaha untuk melakukan penyelamatan. Salah satu turis yang selama, Michael Schade, berhasil keluar tepat waktu dari pulau itu.
 
Dalam video yang dibaginya di Twitter, dia memperlihatkan kelompok turis yang kaget dan berkerumun di tepi pantai. Dia juga memperlihatkan sebuah helikopter berlapis abu tergeletak rusak di dekatnya.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif