Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghukum pejabatnya yang terlibat korupsi. (Foto: AFP).
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghukum pejabatnya yang terlibat korupsi. (Foto: AFP).

Kim Jong-un Hukum Pejabat Senior Terkait Korupsi

Internasional kim jong-un korea utara
Fajar Nugraha • 12 Desember 2018 12:17
Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menghukum pejabat senior di Komando Pengawal Tertinggi atas keterlibatan korupsi. Pembersihan dilakukan oleh Kim Jong-un pada Oktober lalu.
 
Keputusan dilakukan oleh Jong-un setelah rampungnya audit dari Departemen Organisasi dan Panduan Partai Pekerja Korut. Dikabarkan petinggi dari komando itu terlibat penggelapan uang.
 
Kepala Departemen Politik dari Komando Pengawal Tertinggi Korut itu diketahui menyimpan uang hingga jutaan dolar. Sementara beberapa pejabat senior lain yang juga dihukum, turut terkait dalam kasus ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komando ini merupakan pasukan yang secara pribadi melindungi Kim Jong-un. Sekitar 120 ribu pasukan elite tergabung dalam komando tersebut.
 
“Kim sendiri yang mengeluarkan perintah audit tersebut. Sepertinya dia khawatir akan adanya kekuasaan yang terlalu besar terkonsentrasi di beberapa orang,” laporan Tokyo Shimbun, seperti dikutip Chosun Ilbo, Rabu 12 Desember 2018.
 
Departemen Organisasi dan Panduan Partai Pekerja Korut sebelumnya juga melakukan audit terhadap lembaga politbiro Angkatan Darat pada 2017 lalu. Hasilnya berujung pada hukuman yang dijatuhkan kepada pemimpinnya saat itu, Hwang Pyong-so.
 
Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa pemerintahan Korut telah mengeksekusi 421 pejabat senior, sejak Kim Jong-un berkuasa. Pendiri dari North Korea Strategy Center, Kang Chol-hwan mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah hasil penelitiannya pada Senin 10 Desember.
 
Chol-hwan selama ini dikenal sebagai penyintas pemerintahan Korut dan penelitian yang dilakukannya didanai National Endowment for Democracy, dari Amerika Serikat. Sebuah lembaga non-profit yang didanai Kongres AS.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif