Pengunjuk rasa dan petugas keamanan bentrok di wilayah Kashmir, 30 Desember 2016. (Foto: AFP)
Pengunjuk rasa dan petugas keamanan bentrok di wilayah Kashmir, 30 Desember 2016. (Foto: AFP)

ISIS Klaim Dirikan 'Provinsi' di India

Internasional isis
Willy Haryono • 11 Mei 2019 20:04
Kashmir: Kelompok militan Islamic State (ISIS) untuk kali pertama mengklaim telah mendirikan sebuah "provinsi" di India.
 
Klaim dilontarkan ISIS setelah terjadinya bentrokan antara militan dengan pasukan keamanan di wilayah sengketa Kashmir. Satu orang militan terkait ISIS tewas dalam bentrokan tersebut.
 
Lewat situs propaganda Amaq, Jumat 11 Mei, ISIS menyebut nama provinsi terbaru mereka adalah "Wilayah of Hind." Dalam klaim itu juga ISIS mengaku telah menyerang pasukan India di kota Amshipora di distrik Shopian, Kashmir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Klaim ISIS muncul usai kepolisian India mengumumkan bahwa seorang militan bernama Ishfaq Ahmad Sofi tewas dalam pertempuran di Shopian. Sofi diyakini memiliki kaitan dengan ISIS.
 
Menurut keterangan seorang pejabat militer India, Sofi telah terlibat dalam beberapa grup militan di Kashmir selama lebih dari satu dekade. Dalam sepak terjangnya itu, Sofi diyakini telah mendeklarasikan kesetiaan kepada ISIS.
 
Pernyataan ISIS mengenai provinsi di India dinilai sejumlah pihak sebagai upaya menjaga eksistensi usai kekhilafahan grup tersebut di Irak dan Suriah telah berakhir.
 
Masih di kawasan Asia, ISIS sebelumnya telah mengklaim serangkaian bom bunuh diri di Sri Lanka yang menewaskan sedikitnya 253 orang.
 
"Pembentukan 'provinsi' di kawasan yang tidak benar-benar ada pemerintahannya adalah sesuatu yang absurd. Tapi kita juga sebaiknya tidak mengabaikan hal ini," kata Rita Katz, Direktur SITE, grup pemantau aktivitas ekstremisme, dilansir dari laman Al Arabiya, Sabtu 11 Mei 2019.
 
"Dunia mungkin tidak terlalu peduli dengan kabar ini. Namun bagi para ekstremis, ini adalah gestur signifikan untuk membantu membangun kembali peta kekhilafahan IS," tambah dia, merujuk pada akronim lain dari ISIS.
 
Baca:Akui Kekalahan di Suriah, ISIS Bertekad Balas Dendam
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif