Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Terbangkan Drone di Parlemen Myanmar, Warga Prancis Ditangkap

Internasional myanmar
Fajar Nugraha • 11 Februari 2019 12:25
Naypyidaw: Seorang warga Prancis ditangkap karena menerbangkan pesawat tanpa awak atau drone di dekat gedung parlemen Myanmar di Ibu Kota Naypyidaw.
 
Pihak Kedutaan Prancis di Myanmar sudah memastikan penangkapan wisatawan Prancis itu. Dia diketahui mencoba menerbangkan pesawat tanpa awak di atas gedung pemerintah yang ilegal menurut hukum Myanmar.
 
"Seorang lelaki Prancis, dalam kunjungannya ke Myanmar, ditangkap sore pada Kamis 7 Februari karena menerbangkan pesawat tanpa awak di parlemen," kata pihak Kedutaan Prancis, seperti dikutip AFP, Senin, 11 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak kedutaan menambahkan bahwa lelaki itu masih ditahan di Naypyidaw. Media lokal menerbitkan foto-foto dari pria Prancis yang saat ini ditahan. Hal itu termasuk detail paspornya, dan drone yang ia gunakan.
 
Keluarganya telah diberitahu tentang penangkapannya dan staf kedutaan berusaha untuk menjamin pembebasannya. Tidak jelas mengapa dia menerbangkan drone dan otoritas Myanmar tidak tersedia untuk berkomentar.
 
Penangkapan semacam ini sebelumnya terjadi terhadap tiga orang jurnalis dan seorang supirnya pada 2017. Wartawan Lau Hon Meng dari Singapura dan Mok Choy Lin dari Malaysia membuat film dokumenter untuk penyiar negara Turki TRT ketika mereka ditahan pada Oktober 2017 bersama dengan reporter Myanmar Aung Naing Soe dan pengemudi Hla Tin.
 
Berharap menerima denda, mereka mengaku menerbangkan pesawat tanpa awak di atas parlemen tetapi malah dihukum dua bulan penjara di bawah undang-undang pesawat Myanmar.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif