Warga membantu mengamankan sebuah perahu kayu di provinsi Samar Timur, Filipina, 2 Desember 2019. (Foto: AFP/ALREN BERONIO)
Warga membantu mengamankan sebuah perahu kayu di provinsi Samar Timur, Filipina, 2 Desember 2019. (Foto: AFP/ALREN BERONIO)

Topan Kammuri Mendekat, Ribuan Warga Filipina Mengungsi

Internasional topan badai filipina
Willy Haryono • 02 Desember 2019 10:46
Manila: Topan Kammuri bergerak mendekati Filipina dan memicu evakuasi ribuan warga serta berpotensi mengganggu jalannya ajang olahraga SEA Games yang berlangsung di dekat Manila, Senin 2 Desember 2019.
 
Kammuri diproyeksikan mendarat di Filipina malam ini atau Selasa pagi di wilayah timur, dengan membawa hujan deras dan angin kencang dengan kecepatan hingga 185 kilometer per jam.
 
Manila, ibu kota Filipina dengan total populasi sekitar 13 juta jiwa, diperkirakan akan ikut terkena dampak Kammuri. Hampir 70 ribu orang telah mengungsi dari rumah mereka di wilayah Bicol, yang diprediksi akan menjadi tempat "pendaratan" Kammuri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berharap tidak akan ada kerusakan apapun. Tapi jika melihat dari kekuatan (Kammuri), sepertinya hal tersebut tidak dapat terhindarkan," kata juru bicara Agensi Penanggulangan Bencana Nasional Filipina kepada kantor berita AFP.
 
"Orang-orang di area yang akan dilalui badai telah kami evakuasi," sambung dia.
 
Agensi Penanggulangan Bencana Nasional Filipina juga mengingatkan potensi terjadinya tanah longsor dan gelombang tinggi hingga tiga meter di tengah terjangan Topan Kammuri.
 
Filipina dilanda rata-rata 20 badai dan topan pada setiap tahunnya, yang menewaskan ratusan orang dan membuat masyarakat di area rentan bencana alam sulit memperbaiki kehidupan mereka.
 
Siklon paling mematikan di Filipina adalah Topan Super Haiyan, yang telah membuat lebih dari 7.300 orang tewas atau hilang pada 2013.
 
Beberapa jadwal SEA Games telah terganggu menjelang kedatangan Topan Kammuri. Cabang olahraga selancar angin dan triatlon digelar lebih awal demi menghindari dampak buruk badai.
 
Penyelenggara SEA Games berkukuh mereka memiliki rencana jangka panjang untuk mengantisipasi Kammuri, termasuk tetap menggelar acara olahraga dalam ruangan (indoor) dengan jumlah penonton ang dibatasi.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif