Bantuan Makanan untuk Korut Meningkat usai Pertemuan Trump-Kim
Seorang warga berjalan melewati deretan bendera di Pyongyang, Korut. (Foto: AFP)
Pyongyang: Menyusul pertemuan bersejarah antara Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura, bantuan kemanusiaan berupa makanan untuk Korea Utara via agensi Program Makanan Dunia (WFP) telah meningkat 50 persen.

Menurut Radio Free Asia (RFA), Sabtu 23 Juni 2018, WFP meningkatkan anggaran lebih dari USD15 juta sejak Selasa untuk program bantuan makanan ke Korut. Pada akhir April, angka dana bantuan untuk Korut mencapai USD5 juta.

Pemerintah Prancis mendonasikan dana USD1,9 juta untuk WFP pada April. Sementara Kanada memberikan USD1,15 juta.


Namun WFP mengaku masih membutuhkan USD52 juta untuk program bantuan makanan Korut hingga akhir tahun ini. Angka donasi sejauh ini telah mencapai 29 persen dari target.

WFP menyebutkan beragam tantangan dalam menyalurkan bantuan makanan ke Korut, salah satunya adalah masih adanya sanksi ekonomi PBB dan AS terhadap Pyongyang.

Ketegangan di Semenanjung Korea berkurang usai Trump dan Kim bertemu di Singapura pada 12 Juni. Kedua pemimpin menandatangani dokumen gabungan yang salah satu isinya adalah seruan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Trump juga berjanji akan menghentikan latihan militer gabungan dengan Korsel, yang selama ini hampir selalu membuat Korut marah.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id