Duterte Sebut Kim Jong-un Pahlawan Semua Orang
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: AFP).
Manila: Presiden Filipina Rodrigo Duterte memuji pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un sebagai pahlawan semua orang. Pujian diberikan usai pertemuan bersejarah aantara kedua Korea pada Jumat pekan lalu.

Duterte mengatakan dia akan memberi selamat secara langsung kepada Kim jika bertemu dengannya. Menurut dia, pertemuan Kim dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in merupakan langkah awal membuka isolasi Korut.

"Dia telah menjadi idola saya. Kim Jong-un, dia digambarkan sebagai 'anak nakal', namun dengan satu gebrakan, dia saat ini menjadi pahlawan semua orang," ucap Duterte, seperti dilansir dari laman Asian Correspondent, Senin 30 April 2018.


Duterte menduga Kim merupakan orang yang baik, ramah dan periang. Hal ini dilihatnya saat Kim tersenyum ketika bertemu dengan Moon.

"Saya berharap dia tetap seperti itu karena tidak ada yang benar-benar mengejarnya. Hanya masalah perbedaan historis yang diciptakan. Saya ingin bisa bertemu dengannya dan mengucapkan selamat kepadanya," aku sang presiden.

Menurut Duterte, kepahlawanan terkadang terjadi karena ketidaksengajaan.

Kim Jong-un dan Moon Jae-in bertemu di desa Panmunjom di daerah demiliterisasi. Pertemuan kedua pemimpin Korea ini menyentuh hati tak hanya warga Negeri Ginseng, namun juga seluruh dunia.

Apresiasi datang dari seluruh pemimpin dunia, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Dia mengatakan ini saatnya Korut untuk bangkit dan berdamai dengan dunia.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id