Nobar Pertemuan Korsel-Korut di Pusat Kota Seoul
Nobar warga Korsel di Seoul pertemuan Moon Jae-in dan Kim Jong-un. (Foto: AFP)
Seoul: Dengan layar televisi raksasa di tengah kota, warga Korea Selatan (Korsel) menyaksikan tayangan pertemuan bersejarah antara Presiden Moon Jae-in dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, hari ini.

"Ini adalah momen penting dalam sejarah kami dan kesempatan yang sangat bagus untuk merasakan sejarah," kata Park Sung-il, salah seorang warga Korsel, dikutip dari AFP, Jumat 27 April 2018.

"Anak-anak Korsel dapat memperoleh pendidikan langsung tentang unifikasi dengan menyaksikan pemimpin Korsel dan Korut berjabat tangan secara langsung," lanjut dia.


Di Gwangju, sejumlah bioskop bahkan menawarkan tiket gratis untuk menonton siaran langsung pertemuan ini. 

Baca juga: Jabat Tangan Hangat Dua Pemimpin Korea

Sementara itu, seorang ahli hubungan Korsel-Korut dan AS, Victor Cha mengungkapkan, hampir 80 persen warga Korsel bahagia dengan pertemuan ini.

"Jika pertemuan ini berjalan dengan baik, mungkin warga Amerika akan lebih optimis," ujarnya, merujuk pada rencana pertemuan Kim Jong-un dengan Presiden Donald Trump bulan depan.

Dalam pertemuan bersejarah ini, Moon sempat melangkah ke perbatasan Korut, sebelum berjalan kembali dan memulai pembahasan mengenai perdamaian keduanya.

Pertemuan keduanya dilakukan di Gedung Perdamaian, sebelah selatan desa gencatan senjata Panmunjom. Ini adalah pertemuan tingkat tertinggi dari kedua Korea, yang dimaksudkan untuk membuka jalan bagi pertemuan antara Kim Jong-un dengan Trump. 




(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id