Dua WNI terdampar bersama dengan Dubes RI untuk Papua Nugini Andriana Supandy. (Foto: Dok. KBRI Port Moresby)
Dua WNI terdampar bersama dengan Dubes RI untuk Papua Nugini Andriana Supandy. (Foto: Dok. KBRI Port Moresby)

Terombang-ambing di Laut, Dua WNI Berhasil Diselamatkan

Internasional wni perlindungan wni
Sonya Michaella • 18 Agustus 2019 08:01
Port Moresby: Dua Warga Negara Indonesia (WNI) berhasil selamat usai terombang-ambing di laut. Kini, keduanya ditampung oleh KBRI Port Moresby.
 
AA dan MS terombang-ambing sejak 29 Juni 2019 karena perahu mereka di wilayah Mindanao, Filipina Selatan, kehabisan bahan bakar, saat dalam perjalanan ke rumah mereka di Alude, Sangir Talaud.
 
Dua WNI ini kemudian terbawa arus hingga masuk ke wilayah perairan Papua Nugini. Mereka diselamatkan oleh kapal nelayan dan berlabuh di Kota Rabaul pada 10 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keberadaan mereka pun segera diketahui oleh WNIyang bekerja di wilayah Kokopo. WNI ini langsung memberitahu pihak KBRI Port Moresby untuk meminta bantuan.
 
15 Agustus 2019, kedua WNI ini diberangkatkan dari Rabaul oleh KBRI Port Moresby dan hingga saat ini masih ditampung di sana. Duta Besar RI untuk Papua Nugini Andriana Supandy langsung menghubungi pihak keluarga yang ada di Indonesia.
 
Selama berada di Port Moresby, kondisi AA dan MS berangsur pulih usai terombang-ambing di laut selama 40 hari.
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Minggu 18 Agustus 2019, KBRI Port Moresby kini sedang mempersiapkan rencana kepulangan mereka pada hari ini ke Talaud, Sulawesi Utara melalui perbatasan Vanimo, Jayapura.
 

 

(BOW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif