Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

25 Orang Terluka Akibat Gempa di Filipina Selatan

Internasional gempa
Suci Sedya Utami • 13 Juli 2019 13:36
Madrid: Dua puluh lima orang terluka akibat gempa bumi yang terjadi di Filipina Selatan. Gempa juga mengakibatkan beberapa rumah, gereja dan bangunan lainnya rusak.
 
Gempa yang berkekuatan 5,8 Skala Richter melanda pantai timur laut Pulau Mindanau di kedalaman 11,8 kilometer. Gempa yang terjadi pada pukul 04.42 pagi waktu setempat membuat banyak orang melarikan diri dari rumah. Kantor seismologi Filipina merekam tujuh gempa susulan dengan kekuatan rendah.
 
Letnan Wilson Uanite yang merupakan petugas di kantor polisi di kota Madrid, dekat episentrum, merunduk di bawah meja ketika pintu kaca lemari arsip pecah dan satu pesawat televisi jatuh dari sebuah meja, kata kepala polisi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami melihat orang-orang berlari keluar dari rumah mereka. Sejumlah tempat tinggal mengalami kerusakan kecil seperti dinding yang retak, dan kami awalnya menghitung enam orang dengan luka ringan," kata Uanite seperti dilansir dari AFP, Sabtu, 13 Juli 2019.
 
Para korban dievakuasi ke Rumah Sakit Distrik Madrid. Selain itu banyak bangunan yang mengalami retakan pada dinding betonnya.
 
Atap tempat parkir mobil tua di Madrid runtuh dan menyebabkan sedikit kerusakan pada dua truk pemadam kebakaran kota dan tiga mobil yang berada di sana.
 
Dampaknya juga terasa di empat kota tetangga. Sebuah restoran terbalik ke sungai terdekat di kota Cantilan.
 
Filipina adalah bagian dari cincin api Pasifik, sebuah busur aktivitas seismik intens yang membentang dari Jepang yang rawan gempa melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.
 
Gempa mematikan terakhir di negara itu terjadi pada bulan April. 11 orang tewas dalam gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter yang menghantam sebuah wilayah di utara ibu kota Manila serta menyebabkan sebuah supermarket ambruk.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif