Petugas bersiap menarik sebuah bus dari lubang besar di Xining, Tiongkok, 13 Januari 2020. (Foto: AFP/STR/Getty)
Petugas bersiap menarik sebuah bus dari lubang besar di Xining, Tiongkok, 13 Januari 2020. (Foto: AFP/STR/Getty)

Enam Orang Tewas Ditelan Lubang Jalanan di Tiongkok

Internasional tiongkok
Arpan Rahman • 14 Januari 2020 13:38
Xining: Sebuah lubang besar yang tiba-tiba terbuka di tengah jalan sebuah kota di Tiongkok menelan bus sarat penumpang. Insiden tersebut menewaskan enam orang dan 10 lainnya masih dinyatakan hilang.
 
Video di media nasional Tiongkok memperlihatkan orang-orang berlarian menghindari terbukanya lubang besar dekat sebuah hal bus. Saat lubang itu terbuka, sebuah bus jatuh ke dalamnya.
 
Dari beberapa orang yang jatuh ke lubang, kemungkinan ada seorang anak kecil. Sebanyak 16 orang terkait insiden tersebut telah dilarikan ke rumah sakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disitat dari Guardian, Selasa 14 Januari 2020, insiden di area luar sebuah rumah sakit itu juga memicu ledakan di dalam lubang. Stasiun televisi CCTV melaporkan, upaya pencarian dan penyelamatan masih berlangsung. Sementara penyebab terbukanya lubang masih diselidiki otoritas setempat.
 
Insiden terjadi di Xining, ibu kota dari provinsi Qinghai, pada Senin 13 Januari sekitar pukul 17.30 waktu setempat.
 
Lubang tipe sinkhole merupakan hal biasa di Tiongkok. Biasanya lubang ini terbentuk akibat aktivitas konstruksi di tengah pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang melonjak dengan cepat.
 
Pada 2016, setidaknya tiga orang jatuh ke sebuah lubang besar di provinsi Henan. Investigasi awal menunjukkan, lubang tersebut kemungkinan diakibatkan kerusakan jaringan pipa air bawah tanah.
 
Tiga tahun sebelumnya, lima orang tewas saat lubang selebar 10 meter terbuka di pintu gerbang kawasan industri di Shenzhen.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif