Seorang polisi berjaga di lokasi bom bunuh diri di area sebuah rumah sakit di Dera Ismail Khan, Pakistan, Minggu 21 Juli 2019. (Foto: AFP)
Seorang polisi berjaga di lokasi bom bunuh diri di area sebuah rumah sakit di Dera Ismail Khan, Pakistan, Minggu 21 Juli 2019. (Foto: AFP)

Perempuan Ledakkan Diri di RS Pakistan, 9 Orang Tewas

Internasional taliban
Willy Haryono • 22 Juli 2019 08:02
Dera Ismail Khan: Seorang perempuan meledakkan diri di area sebuah rumah sakit di Pakistan, Minggu 21 Juli 2019. Ledakan terjadi saat petugas medis membawa beberapa korban luka dari sebuah penembakan terhadap polisi.
 
Dikutip dari laman ABC, total korban dalam penembakan yang dikuti bom bunuh diri ini menewaskan sembilan orang dan melukai 30 lainnya. Kelompok militan Taliban Pakistan mengklaim bertanggung jawab atas rangkaian serangan.
 
Salim Riaz Khan, seorang polisi senior di Dera Ismail Khan, mengatakan bahwa sekelompok pria bersepeda motor menembaki aparat keamanan di kawasan permukiman warga. Dua orang tewas dalam penembakan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelaku bom bunuh diri melanjutkan serangan di wilayah rumah sakit, yang menewaskan empat polisi dan tiga warga sipil. Delapan polisi juga terluka dalam ledakan tersebut, dan banyak dari mereka berada dalam kondisi kritis.
 
Inayat Ullah, seorang pakar forensik, mengatakan bahwa perempuan yang meledakkan diri telah membawa bahan peledak seberat tujuh kilogram yang dilengkapi paku serta bola besi.
 
Menurut keterangan seorang staf medis, ledakan bom bunuh diri merusak ruangan unit gawat darurat sehingga tak dapat digunakan lagi untuk sementara. Para korban luka pun terpaksa dipindahkan ke sebuah rumah sakit militer.
 
Taliban Pakistan mengklaim rangkaian serangan, namun tidak membenarkan bahwa pelaku bom bunuh diri adalah wanita. Grup tersebut telah melancarkan banyak serangan di Pakistan dalam hampir dua dekade terakhir, dan hampir semuanya dilakukan oleh pria.
 
Militer Pakistan telah melakukan sejumlah operasi besar dalam beberapa tahun terakhir terhadap Taliban Pakistan dan grup militan lainnya di area yang berbatasan dengan Afghanistan. Gelombang kekerasan menurun, namun para militan masih melancarkan sejumlah serangan secara sporadis, terutama terhadap pasukan keamanan dan kelompok agama minoritas.
 
Setelah terjadinya penembakan dan bom bunuh diri di Dera Ismail Khan, polisi mengaku telah menangkap 16 tersangka -- semuanya anggota Taliban Pakistan. Polisi senior Habib Ahmed mengatakan pihaknya juga menyita sejumlah senjata dalam operasi perburuan militan tersebut.
 
Baca:Taliban Sergap dan Bunuh Tujuh Prajurit Pakistan
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif