Direktur Utama Metro TV bersama rombongan KADIN diterima Wakil Gubernur Xinjiang Arken Tumiyazi, Jumat, 15 November 2019
Direktur Utama Metro TV bersama rombongan KADIN diterima Wakil Gubernur Xinjiang Arken Tumiyazi, Jumat, 15 November 2019

Mengelola Keberagaman di Xinjiang

Internasional toleransi beragama
Suryopratomo • 17 November 2019 13:30
Xinjiang: Hidup dalam keberagaman membutuhkan pengelolaan tersendiri. Keharmonisan akan terbangun kalau mampu diciptakan rasa saling percaya dan saling menghormati. Itulah yang terus dilakukan Pemerintah Provinsi Xinjiang, Tiongkok.
 
Wakil Gubernur Xinjiang Arken Tumiyazi menyampaikan hal tersebut saat menjamu makan malam rombongan Wakil Ketua Umum Kadin Garibaldi “Boy” Thohir di Urumqi, Jumat malam, 15 November 2019.
 
Xinjiang bukan hanya merupakan provinsi terbesar di Tiongkok, tetapi yang paling beragam etnisnya. Paling tidak ada 17 etnis yang ada Xinjiang mulai dari Uighur, Turkmenistan, Kazakhstan, hingga Afghanistan. Lokasi Xinjiang yang terletak di bagian barat Tiongkok memang berbatasan langsung negara-negara tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perhatian khusus diberikan kepada kelompok-kelompok etnis yang hidup di bawah rata-rata. Pemerintah Provinsi menyediakan apartemen khusus yang disewa dengan harga yang murah.
 
Untuk menciptakan keharmonisan, pemerintah menyediakan berbagai fasilitas umum terutama untuk anak-anak dan ibu rumah tangga. Pendidikan kelompok bermain disediakan agar mulai dari anak-anak mereka saling mengenal saudaranya dan paham tentang tujuan besar hidup bernegara.
 
Sementara untuk ibu-ibu rumah tangga diberikan latihan keterampilan seperti merangkai bunga. Dengan kompetensi yang dimiliki, mereka bisa menambah pendapatan keluarga.
 
Hasil pembinaan keharmonisan antarwarga membuat kekerasan di wilayah Xinjiang menurun drastis. Aksi terorisme yang biasanya mengancam kehidupan warga sudah tidak terjadi lagi setidaknya dalam 30 bulan terakhir ini.
 
Dengan kehidupan yang lebih aman dan tenang, Xinjiang bisa memacu pembangunan wilayahnya. Pariwisata menjadi salah satu andalan di mana jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara mencapai 200 juta pengunjung setiap tahun.
 
Selain wisata alam mulai dari padang savana, padang pasir, gunung, dan danau, ada wisata yang dibuat seperti Taman Geologi Xinjiang yang memamerkan fosil-fosil kayu yang umurnya ribuan tahun. Bahkan untuk menambah hiburan ada sekitar 200 kuda yang berasal dari banyak negara seperti Hongaria dan Turkmenistan yang bisa dilihat dan ikut memberi makanan.
 
Demikian pula perekonomian semakin menggeliat. Produksi pertanian melimpah dan bahkan bisa diekspor. Xinjiang merupakan eksportir terbesar dunia untuk kapas. Produksi tomat juga mencapai 40 persen kebutuhan Tiongkok
 
Wakil Ketua Umum Kadin Boy Thohir merasa kagum dengan apa yang ia lihat di ibu kota Xinjiang, Urumqi.
 
“Saya tidak pernah membayangkan Urumqi seperti ini. Saya akan menyampaikan kunjungan ini kepada teman-teman di Kadin dan akan mengajak mereka untuk berkunjung ke sini guna menjajaki kemungkinan bisnis yang akan bisa dikembangkan untuk kepentingan kedua negara,” ujar Boy Thohir.
 
Xinjiang merupakan provinsi dengan umat muslim terbesar di Tiongkok. Untuk memperkuat pemahaman Islam khususnya bagi pada guru agama didirikan Xinjiang Islamic Institute.
 
Rektor Institut Pendidikan Agama Islam Abdurekep Tumniyaz menjelaskan, pendidikan di kampusnya terbagi atas tiga kelompok. Pertama adalah pendidikan bagi lulusan SMA yang akan berlangsung lima tahun untuk mencapai gelar sarjana. Kedua, bagi mereka yang sudah menjadi guru agama dan ingin mendapatkan gelar sarjana, di mana waktu kuliahnya berlangsung tiga tahun. Terakhir untuk mereka yang ingin mengikuti vokasi dimana programnya berlangsung dua tahun.
 
Ustads Omar Usman Shihab yang ikut dalam rombongan kagum dengan pengembangan agama Islam yang berlangsung di Xinjiang. “Mereka ternyata bisa beribadah seperti di negara kita,” kata Omar.
 

(WHS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif