Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)

Gempa Magnitudo 6,8 Guncang Hagonoy Filipina

Internasional Gempa Bumi filipina
Willy Haryono • 15 Desember 2019 16:00
Hagonoy: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,8 mengguncang area dekat Hagonoy, Mindanao, Filipina, Minggu 15 Desember 2019. Data disampaikan Sistem Peringatan Tsunami dari Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat.
 
Sementara menurut Badan Survei Geologi AS atau USGS, episenter gempa berlokasi sekitar 3,2 kilometer dari Guihing, 4 km dari Padada dan 8 km dari Digos, Sejauh ini gempat tidak berpotensi memicu gelombang tsunami.
 
Dalam 10 hari terakhir, tidak ada gempa bumi berkekuatan magnitudo 3 atau di atasnya di area sekitar Hagonoy. Kedalaman gempa terbaru mencapai 28 km.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah warganet merekam video momen gempa dan menyebarkannya di media sosial. USGS menyebut gempa dengan kekuatan di atas magnitudo 6 biasanya dapat memicu kerusakan bangunan.
 
Pada 31 Oktober lalu, gempa bermagnitudo 6,5 mengguncang Filipina bagian selatan. Gempa ini terjadi selang dua hari sejak gempa 6,8 mengguncang Mindanao.
 
Guncangan pada 29 Oktober menewaskan tujuh orang di pulau selatan Filipina tersebut. Gempa itu merusak gedung-gedung, menumbangkan kabel listrik, dan memincu tanah longsor.
 
Seorang anak berusia tujuh tahun dan ayahnya yang berusia 44 tahun termasuk di antara mereka yang terbunuh di Provinsi Cotabato Utara setelah mereka dihantam batu besar.
 
Sementara guncangan pertama pada 16 Oktober lalu telah menewaskan sekitar 20 orang. Gempa tersebut terjadi di kampung halaman Presiden Filipina, Rodrigo Duterte.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif