Mantan diktator militer Bangladesh Hussain Muhammad Ershad (tengah). (Foto: AFP)
Mantan diktator militer Bangladesh Hussain Muhammad Ershad (tengah). (Foto: AFP)

Mantan Diktator Bangladesh Meninggal di Usia 89 Tahun

Internasional bangladesh
Arpan Rahman • 14 Juli 2019 17:08
Dhaka: Mantan diktator militer Bangladesh Hussain Muhammad Ershad meninggal di usia 89 tahun pada Minggu 14 Juli 2019. Ia mengembuskan napas terakhir setelah dirawat di sebuah rumah sakit di Dhaka selama beberapa pekan.
 
Jendera Ershad berkuasa di Bangladesh selama hampir satu dekade, sebelum akhirnya digulingkan dari kekuasaan dalam pemberontakan pro-demokrasi di tahun 1990. Setelah digulingkan, Ershad dipenjara selama beberapa tahun atas tuduhan korupsi.
 
Kazi Firoz Rashid, seorang politikus dari partai Jatiya Party, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa Ershad yang merupakan koleganya itu meninggal akibat komplikasi usia tua. Juru bicara angkatan bersenjata Bangladesh Abdullah bin Zaid mengonfirmasi kematian Ershad.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ershad, yang juga dikenal sebagai seorang penyair, pernah menjadi kepala angkatan bersenjata Bangladesh di tahun 1982. Ia menduduki posisi itu dengan melakukan kudeta.
 
Kepemimpinan Ershad memicu kontroversi lewat keputusannya menjadikan Islam sebagai negara resmi di Bangladesh.
 
Dalam sebuah wawancara dengan awak media dari dalam penjara pada 1996, ia mengaku "kegagalan terbesarnya adalah memimpin negara dengan lembut, seperti hati seorang penyair."
 
Terlepas dari banyaknya kasus yang dituduhkan kepadanya, Ershad adalah salah satu pialang kekuasaan terbesar di era 1990-an, setelah Jatiya Party menjadi partai ketiga terbesar di Bangladesh.
 
Perdana Menteri saat ini, Sheikh Hasina, dan tokoh oposisi Khaleda Zia, adalah dua perempuan di balik penggulingan Ershad. Setelah Ershad jatuh, keduanya menjadi rival, dan pemerintahan PM Hasina tahun lalu telah menjebloskan Zia ke penjara atas tuduhan korupsi.
 
Meski sudah tidak lagi berkuasa, Ershad masih tetap populer di kampung halamannya. Ia juga merupakan salah satu mitra kunci PM Hasina.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif