Tim penjinak bom memeriksa lokasi serangan di Yala, Thailand, 6 November 2019. (Foto: AFP/TUWAEDANIYA MERINGING)
Tim penjinak bom memeriksa lokasi serangan di Yala, Thailand, 6 November 2019. (Foto: AFP/TUWAEDANIYA MERINGING)

Serangan di Thailand Selatan Tewaskan 15 Orang

Internasional thailand
Medcom • 06 November 2019 11:52
Bangkok: Sedikitnya 15 orang tewas dan empat lainnya terluka dalam penembakan di sebuah pos pemeriksaan keamanan di Thailand selatan, Selasa 5 November malam.
 
Selain senjata api, para penyerang juga menggunakan bahan peledak dan menebar paku di jalan raya provinsi Yala untuk memperlambat upaya pengejaran oleh petugas keamanan.
 
"Kemungkinan besar serangan ini adalah ulah para pemberontak," kata Kolonel Pramote Prom-in, juru bicara badan keamanan regional, dikutip dari Channel News Asia, Rabu 6 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah salah satu (serangan) terbesar dalam beberapa tahun terbesar di sini," lanut dia.
 
Pemberontakan telah berlangsung selama lebih kurang satu dekade di Thailand selatan. Sebagian besar aksi pemberontakan terjadi di provinsi Yala, Pattani dan juga Narathiwat.
 
Menurut data grup Deep South Watch, pemberontakan di Thailand selatan telah menewaskan hampir 7.000 orang sejak 2004. Hingga saat ini belum ada grup yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Yala.
 
Yala, Pattani dan Narathiwat sebelumnya pernah menjadi bagian dari kesultanan Muslim Melayu. Thailand kemudian menganeksasi ketiga wilayah tersebut di tahun 1909.
 
Sejumlah grup pemberontak di Thailand selatan berulang kali menegaskan bahwa mereka selama ini berjuang untuk mendirikan negara independen.
 
Mei lalu saat Bulan Suci Ramadan, tiga orang tewas dalam pengeboman di Thailand selatan. Pemberontak meledakkan bom sepeda motor di pasar yang ramai di Nong Chik, provinsi Pattani.
 
Penulis: Fitri Nur Rizkyani
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif