Korban Banjir Bandang di Kerala India Jadi 37 Orang

Willy Haryono 12 Agustus 2018 12:09 WIB
india
Korban Banjir Bandang di Kerala India Jadi 37 Orang
Ilustrasi banjir. (Foto: Medcom.id)
Kerala: Banjir bandang di Kerala, India, telah menewaskan 37 orang dan membuat 36 ribu lainnya harus dievakuasi dari tempat tinggal masing-masing, Minggu 12 Agustus 2018.

Selain banjir, hujan deras yang melanda India sejak beberapa hari terakhir juga memicu tanah longsor dan membuat 27 waduk meluap.

Kerala, dikenal karena wisata pantai dan perkebunan teh, dilanda musim hujan pada setiap tahunnya. Namun tahun ini, intensitas hujan di Kerala lebih tinggi dari biasanya.


Lebih dari satu juta turis asing mengunjungi Kerala pada 2017.

"Warga yang dievakuasi telah mengungsi ke 350 kamp darurat di seantero negara bagian," ucap seorang pejabat di Badan Penanggulangan Bencana Kerala, seperti dikutip dari Guardian.

Militer India dikerahkan untuk membantu upaya penyelamatan, setelah hujan deras melanda negara bagian tersebut sejak dua hari terakhir.

"Negara bagian kami sedang dilanda banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya," ujar Menteri Kepala Kerala, Pinarayi Vijayan, dalam tulisan di Twitter.

"Bencana ini telah menyebabkan penderitaan dan kehancuran. Banyak nyawa melayang. Ratusan rumah benar-benar hancur," tambah dia.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di India mengimbau warganya untuk menghindari area terdampak banjir dan tanah longsor serta selalu mengikuti perkembangan terbaru dari media lokal.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id