Menlu Retno Marsudi berbicara kepada mahasiswa di Bandung dalam rangkaian Diplomatic Festvial. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
Menlu Retno Marsudi berbicara kepada mahasiswa di Bandung dalam rangkaian Diplomatic Festvial. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).

Dua Diplomasi Indonesia yang Menonjol Menurut Menlu

Internasional kemenlu menlu retno lp marsudi
Marcheilla Ariesta • 19 Desember 2018 13:50
Bandung: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengajak para pelajar Indonesia untuk menjaga perdamaian dunia. Retno menuturkan pencegahan konflik harus terus dilakukan demi kestabilan dunia.
 
"Jika membahas mengenai diplomasi Indonesia, ada dua isu menonjol. Pertama, diplomasi perdamaian kemudian kemanusiaan," tutur Retno di hadapan lebih dari 2.000 mahasiswa Bandung di Universitas Padjajaran, Rabu, 19 Desember 2018.
 
Retno menceritakan rekam jejak diplomasi Indonesia dalam mengupayakan perdamaian baik di kawasan maupun dunia. Dia menuturkan berbagai konflik yang terjadi di dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Moral storynya adalah hindari konflik dan perang, tidak tahu kapan akan berakhir. Kita tidak tahu berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka perang dan kejiwaan," imbuh Retno.
 
Dia menuturkan dalam diplomasi Indonesia selalu mengupayakan pencegahan konflik. Menurut dia, salah satu langkah pencegahan adalah menjadikan kemajemukan sebuah aset.
 
"Kita tahu potensi berbeda itu pasti ada dan kita harus sadar bahwa kemajemukan menjadi aset bangsa. Harus kita rawat terus," tegas Retno.
 
Dia membeberkan cara menjaga kemajemukan adalah dengan mengembangkan toleransi. "Kita memperkuat toleransi dan Indonesia akan dilihat menjadi negara kuat karena dapat mengelola kemajemukan," pungkasnya.
 
Menlu Retno memberikan pemaparan di hadapan lebih dari dua ribu mahasiswa yang berasal dari Universitas Padjajaran, Universitas Pasundan, Universitas Maranatha dan lainnya. Kegiatan ini sebagai rangkaian acara puncak DiploFest 2018 Bandung.
 
Selain pemaparan Menlu Retno, acara DiploFest ini juga dimeriahkan oleh Tulus, Maliq and d'essential dan Diskoria. Kegiatan ini dilakukan sejak 18 hingga 19 Desember 2018.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif