Foto satelit memperlihatkan kondisi White Island, Selandia Baru, pada 12 Mei 2019. (Foto: AFP/HO/Maxar Tech)
Foto satelit memperlihatkan kondisi White Island, Selandia Baru, pada 12 Mei 2019. (Foto: AFP/HO/Maxar Tech)

Korban Erupsi Selandia Baru Alami Luka Serius

Internasional gunung berapi selandia baru
Arpan Rahman • 11 Desember 2019 16:02
Wellington: Sedikitnya 27 korban erupsi gunung berapi di Selandia Baru mengalami luka bakar serius hingga 71 persen. Tingginya angka korban luka serius serta masih adanya sejumlah orang hilang membuat Pemerintah Selandia Baru khawatir jumlah korban tewas dapat bertambah.
 
"Beberapa korban dapat meninggal akibat luka yang terlampau parah," kata Peter Watson, dikutip dari Mirror.co.uk, Selasa 10 Desember 2019.
 
Ia menambahkan unit penanganan khusus luka bakar di Selandia Baru bekerja keras dalam kapasitas penuh dalam menangani semua korban erupsi. Data terbaru Wellington menyebutkan adanya enam korban tewas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Satu tambahan korban dilaporkan meninggal. Total kematian enam orang," ucap seorang juru bicara polisi.
 
"Korban keenam ini sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Middlemore. Polisi masih terus fokus bekerja dan mendukung keluarga para korban," sambungnya.
 
Total 47 orang berada di White Island saat erupsi terjadi. Menteri Kepolisian Selandia Baru Stuart Nash mengaku memahami rasa frustrasi keluarga korban yang ingin proses evakuasi jenazah segera dilakukan.
 
Namun Nash mengaku tidak mau terburu-buru karena sejumlah pakar seismologi memprediksi ada 50 persen kemungkinan erupsi dapat kembali terjadi.
 
Selain itu, terdapat gas beracun yang keluar dari gunung di White Island, dan erupsi pada Senin lalu telah membuat area sekitar dipenuhi abu tebal.
 
"Kami belum dapat mengirim petugas ke White Island. Situasi saat ini belum aman bagi mereka," ungkap Nash.
 
Sebelumnya, Kepolisian Selandia Baru mengumumkan rencana membuka sebuah investigasi kriminal mengenai bagaimana sebuah erupsi gunung di White Island dapat berujung kematian sejumlah orang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif