Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pastikan tidak ada laporan WNI terjangkit Virus Korona di Tiongkok. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pastikan tidak ada laporan WNI terjangkit Virus Korona di Tiongkok. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Tak Ada Informasi WNI Terjangkit Virus Korona di Tiongkok

Internasional virus korona menlu retno lp marsudi
Marcheilla Ariesta • 23 Januari 2020 16:01
Jakarta: Kementerian Luar Negeri memastikan hingga saat ini belum ada warga negara Indonesia (WNI) terjangkit Virus Korona tipe terbaru. Pernyataan ini diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berdasarkan pada data KBRI Beijing.
 
"Dari pantauan KBRI Beijing, belum ada informasi terjangkitnya WNI dari wabah yang sedang terjadi di Tiongkok," kata Menlu Retno, di Jakarta, Kamis 23 Januari 2020.
 
Retno mengatakan pihaknya saling berkoordinasi untuk mengetahui penyebaran virus dan keberadaan WNI di Negeri Tirai Bambu. Menurutnya, mayoritas WNI di Tiongkok merupakan pelajar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Data mahasiswa di Wuhan dan sekitarnya ada 428 orang, di Beijing ada 1.280, sementara di Shanghai ada 849 orang. 90 Persen mahasiswa di Wuhan dan sekitarnya sudah kembali ke Indonesia karena libur sampai pertengahan Februari," tutur Retno.
 
Pihak KBRI Beijing, kata Retno sudah mendapat data masuk kuliah para mahasiswa RI tersebut. Mereka juga terus berkomunikasi dengan pihak universitas masing-masing.
 
Korban tewas akibat Virus Korona tipe terbaru ini melonjak menjadi 17 orang. Sementara itu, lebih dari 500 orang terjangkit virus ini.
 
Kasus Virus Korona juga ditemukan di beberapa negara dan wilayah, seperti Thailand, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Makau, Hong Kong, hingga Amerika Serikat.
 
KBRI Beijing juga sudah mengimbau WNI untuk terus waspada pada penyebaran virus ini. KBRI meminta WNI untuk menjaga kesehatan agar tidak terjangkit virus.
 
Sementara itu, Provinsi Wuhan, tempat virus ini pertama kali ditemukan saat ini tengah diisolasi. Warga di wilayah itu dilarang bepergian keluar dari Wuhan, mereka pun diperiksa kesehatannya oleh otoritas kesehatan setempat.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif