Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Selundupkan Bir Korut, Remaja Tiongkok Ditangkap di Jepang

Internasional jepang
Arpan Rahman • 12 Juli 2019 18:09
Fukuoka: Otoritas Jepang telah menangkap seorang warga negara Tiongkok karena menyelundupkan bir buatan Korea Utara ke Negeri Sakura.
 
“Polisi di Fukuoka, Jepang, mengatakan terdakwa, yang belum diidentifikasi, berusia 19 tahun dan mulai menyelundupkan bir Korut yang dilarang pada 2018,” sebut laporan surat kabar Asahi Shimbunpada Kamis.
 
Pihak berwenang di Fukuoka menyebutkan, terdakwa ditangkap dengan tuduhan melanggar Undang-Undang Perniagaan Asing, setelah mencoba menjual bir Korut di situs lelang di dunia maya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Terdakwa awalnya menyelundupkan bir pada awal Oktober tahun lalu, dimulai dengan satu botol bir Taedonggang. Remaja itu mengimpor bir secara ilegal, karena ia tidak mendapatkan izin dari Kementerian Perdagangan Jepang,” menurut Asahi.
 
Sanksi sepihak Jepang terhadap Korut melarang impor semua barang yang berasal dari rezim Korut.
 
Dilansir dari UPI, Kamis 11 Juli 2019, sanksi Jepang bertambah ketat dalam menanggapi tes senjata nuklir Pyongyang pada 2016-2017.
 
Terdakwa menggunakan pihak ketiga untuk menjual bir Korut, dengan harga USD1,85 hingga USD2,77 per botol di Shanghai, Tiongkok, untuk dijual kembali di Jepang dengan harga lebih dari USD90 per botol, menurut laporan itu.
 
Sebelum terlibat dalam perdagangan bir Korut, terdakwa juga membeli dan menjual mainan dan "produk mainan" melintasi batas negara.
 
Jepang menindak barang-barang Korut pada saat para politisi Korea Selatan menuduh Jepang melakukan ekspor ilegal masa lalu ke Korut.
 
Ha Tae Kyung dari Partai Bareun Mirae sayap kanan mengatakan ada bukti dari Pusat Informasi tentang Kontrol Perdagangan Keamanan, sebuah organisasi nonpemerintah yang berbasis di Jepang, bahwa perusahaan-perusahaan Jepang pada satu titik menyelundupkan hidrogen fluorida ke Korut, Yonhap melaporkan Kamis .
 
Terjadi lebih dari 30 kasus penyelundupan ke Korut dari Jepang, dari tahun 1996 hingga 2003, kata Ha.
 
Hidrogen fluorida dari Jepang sedang dibatasi sebagai bagian dari batasan perdagangan baru di Tokyo. Aplikasi individual akan diminta untuk izin mengekspor ke Korsel atas tiga bahan: fluorinated polyimide, hydrogen fluoride, dan turunannya. Produk ini digunakan untuk membuat semikonduktor, TV layar datar, dan telepon canggih.
 
Perdana Menteri Jepang Abe Shinzo mengatakan pembatasan itu perlu karena Seoul bisa mencurangi sanksi Korut.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif