Ilustrasi kereta api. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi kereta api. (Foto: Medcom.id)

Ledakan di Rel Kereta Pakistan Tewaskan 4 Orang

Internasional pakistan
Willy Haryono • 17 Maret 2019 19:17
Balochistan: Empat orang tewas dan 10 lainnya terluka saat ledakan bom melanda sebuah titik di rel kereta api di provinsi Balochistan, Pakistan, Minggu 17 Maret 2019. Provinsi tersebut dikenal sebagai markas dari beberapa grup separatis yang mencoba memisahkan diri dari Pakistan.
 
Hingga saat ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan. Namun sejumlah kelompok separatis di Balochistan tercatat pernah beberapa kali menyerang kereta api.
 
"Korban tewas berjumlah empat orang, yakni seorang remaja putri, ibunya dan dua orang lain," kata Irfan Bashir, Kepala Kepolisian Distrik Naseerabad, seperti dilansir dari laman Khaleej Times.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ledakan bom membuat enam gerbong kereta terlempar keluar rel. Saat kejadian, kereta api tersebut sedang dalam perjalanan dari kota Peshawar menuju Queeta, ibu kota dari provinsi Balochistan.
 
Ini merupakan serangan terhadap infrastruktur kereta api di Balochistan dalam dua pekan terakhir. Tidak ada korban jiwa dalam ledakan pertama.
 
Balochistan adalah bagian penting dari proyek transportasi dan energi pemerintah Pakistan. Sejumlah proyek tersebut merupakan bagian dari inisiatif Belt and Road yang diserukan pemerintah Tiongkok. Nilai investasi proyek masif tersebut mencapai USD57 miliar atau setara Rp812 triliun.
 
Kekerasan di Balochistan, provinsi yang berbatasan dengan Afghanistan dan Iran, telah meningkatkan kekhawatiran bidang keamanan di kalangan investor. Kekhawatiran terutama berada di proyek infrastruktur energi, yang direncanakan membentang dari Tiongkok bagian barat hingga ke pelabuhan Gwadar di Pakistan selatan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif