Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Laporan Sebut Korut Punya Pangkalan Rudal Rahasia

Internasional korea utara
Marcheilla Ariesta • 22 Januari 2019 17:09
Pyongyang: Sebuah laporan dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) mengatakan Korea Utara (Korut) memiliki pangkalan rudal rahasia. Ini merupakan satu dari 20 pangkalan operasi rudal balistik yang tidak diumumkan Pyongyang dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan.
 
"Pangkalan operasi rudal Sino-ri dan rudal Nodong yang ditempatkan di lokasi ini cocok dengan strategi nuklir militer Korut. Pangkalan ini diduga dapat melakukan operasi nuklir tingkat pertama," kata laporan CSIS tersebut, dilansir dari laman Huffington Post, Selasa 22 Januari 2019.
 
Penemuan markas rudal ini muncul tiga hari usai Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan harapannya ada pertemuan dengan pemimpin Korut Kim Jong-un. Dia berharap pertemuan yang membahas mengenai denuklirisasi tersebut dapat dilaksanakan akhir Februari mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


CSIS melaporkan ada 20 pangkalan yang dirahasiakan Korut pada November lalu. Laporan tersebut mencatat pangkalan operasi rudal mungkin akan dikenakan verifikasi dan dibongkar sesuai dengan perjanjian dalam kesepakatan denuklirisasi.
 
Pangkalan ini terletak 212 kilometer ke utara dari zona demiliterisasi. Kompleks Sino-ri memainkan peranan penting dalam pengembangan rudal balistik yang mampu menjangkau Korea Selatan, Jepang dan bahkan wilayah Guam milik AS di Pasifik Barat.
 
Hingga saat ini belum ada tanggapan dari Gedung Putih mengenai laporan tersebut.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi