Anwar Ibrahim (ketiga dari kiri) menceritakan kenangannya bersama Almarhum BJ Habibie. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Anwar Ibrahim (ketiga dari kiri) menceritakan kenangannya bersama Almarhum BJ Habibie. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Anwar Ibrahim Kenang Dibantu Habibie saat Masa Sulit

Internasional anwar ibrahim bj habibie
Marcheilla Ariesta • 09 Oktober 2019 23:15
Jakarta: Presiden Parti Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia Anwar Ibrahim mengenang sosok mantan presiden Indonesia BJ Habibie. Bagi Anwar, Habibie merupakan sosok pemimpin yang sederhana dan tidak mementingkan kekuasaan.
 
"Hubungan kami cukup dekat. Kesan pertama saya, Habibie bukan seorang politis. Dia ilmuwan teknis, tapi bergerak dengan hati nurani," tuturnya di kediaman Habibie, di Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2019.
 
Menurut Anwar, Habibie merupakan sosok yang memiliki obsesi tinggi pada teknologi. Sebagai aktivis, Anwar mengaku terpengaruh dengan pemikiran dan sudut pandang Habibie.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya bicara dengan Habibie dia obsesinya teknologi, ilmu dan sains yang sangat diperlukan oleh bangsa. Sebagai seorang aktivis yang banyak bicara soal kemanusiaan, saya terpengaruh dari sudut science yang saya yakin harus diberi pendekatan juga," kenang Anwar.
 
Di mata Anwar, Habibie juga seorang panutan yang cinta keluarga. Ini terbukti dengan kecintaan Bapak Dirgantara Indonesia itu kepada Ainun, istrinya.
 
Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia itu menambahkan, Habibie mengajarkan bahwa cinta dan kasih sayang tetap yang nomor satu. "Jarang ada negarawan yang memberikan kesan seperti itu. Luar biasa," serunya.
 
Kedatangan Anwar ke rumah Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan tersebut untuk bersilaturahmi. Dia mengenang bagaimana dibantu oleh Habibie di masa sulitnya.
 
Pada beberapa kesempatan, Anwar pernah menceritakan ketika dirinya menjalani operasi saraf tulang belakang di Munich, Jerman pada 2004. Saat itu Almarhum Habibie dan Almarhumah Ainun Habibie turut menjaga dan merawat Anwar.
 
Sebelumnya, saat Habibie meninggal 11 September lalu, Anwar sempat memberikan ungkapan duka cita lewat akun Facebook-nya.
 
"Semoga roh almarhum ditempatkan bersama kalangan mereka yang beriman dan beramal soleh. Al Fatihah," tulis dia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif