Bandara raksasa di Beijing akan dibuka pada 30 September 2019. (Foto: AFP/STR)
Bandara raksasa di Beijing akan dibuka pada 30 September 2019. (Foto: AFP/STR)

Bandara Raksasa Beijing akan Dibuka Jelang HUT ke-70 Tiongkok

Internasional tiongkok
Arpan Rahman • 01 Juli 2019 15:02
Beijing: Bandara berukuran raksasa di Beijing akan resmi dibuka pada malam menjelang perayaan hari ulang tahun ke-70 pemerintah Tiongkok. Proyek pengerjaan di Bandara Internasional Beijing Daxing ini telah resmi berakhir pada Minggu 30 Juni.
 
Nantinya, bandara akan resmi dibuka di tanggal 30 September malam waktu Beijing, menjelang peringatan 70 tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok oleh Mao Zedong pada 1 Oktober.
 
Dilansir dari Channel News Asia, Senin 1 Juli 2019, Presiden Xi Jinping akan turut merayakan HUT ke-70 Tiongkok, yang meliputi parade militer di pusat kota Beijing. Bandara raksasa Beijing Daxing ini disebut-sebut sebagai perwujudan dari "Mimpi Tiongkok" yang selalu digagas Xi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berlokasi sekitar 46 kilometer dari Lapangan Tiananmen, bandara baru tersebut akan beroperasi dalam kapasitas penuh pada 2025. Bandara berbentuk bintang laut raksasa ini terdiri dari empat landasan, dan diproyeksikan menampung sekitar 72 juta pengunjung pada setiap tahunnya.
 
Pada 2040, diestimasi akan ada delapan landasan -- termasuk satu untuk keperluan militer -- di Bandara Internasional Beijing Daxing. Dengan delapan landasan, bandara diyakini dapat menampung 100 juta penumpang per tahun.
 
Bandara Atlanta di Amerika Serikat saat ini menerima lebih dari 100 juta penumpang, namun melalui dua terminal. Sementara Bandara Internasional Beijing Daxing saat ini -- kedua terbesar di dunia -- sudah kewalahan menampung jumlah penumpang.
 
Transportasi udara di Tiongkok meningkat seiring bertambahnya keinginan warga untuk bepergian ke banyak tempat. Menurut prediksi Asosiasi Transportasi Udara Internasional, Tiongkok akan menjadi pasar terbesar penerbangan di dunia melampaui AS pada pertengahan 2020.
 
Asosiasi Transportasi Udara Internasional juga memprediksi akan ada 1,6 miliar perjalanan udara dari dan menuju Tiongkok mulai tahun 2037. Beijing, dengan populasi 21 juta jiwa, diestimasi menerima 170 juta penumpang pesawat pada 2025.
 
Dengan luas 700 ribu meter persegi, bandara baru di Beijing berukuran sekitar 100 lapangan sepak bola. Bandara tersebut didesain arsitek Anglo-Irak bernama Zaha Hadid, yang meninggal dunia di tahun 2016.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif