Pertunjukan gamelan yang dilakuan para staf Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Foto: Medcom.i/Marcheilla Ariesta
Pertunjukan gamelan yang dilakuan para staf Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Foto: Medcom.i/Marcheilla Ariesta

Gamelan Metafora Indah Hubungan Diplomatik RI-AS

Internasional indonesia-as
Marcheilla Ariesta • 28 November 2019 09:51
Jakarta: Merayakan 70 tahun hubungan bilateral RI-Amerika Serikat, Kedutaan Besar AS di Jakarta menggelar pertunjukkan gamelan. Yang menarik, pemain gamelannya merupakan staf Kedubes AS yang ada di Jakarta.
 
Kegiatan yang digelar di pusat budaya AS, @America, ini menarik perhatian para pengunjung. Banyak anak-anak ikut terpukau mendengar alunan harmonisasi gamelan.
 
James Dayringer, Pelaksana Tugas Wakil Duta Besar AS mengatakan para staf kedutaan ini tergabung dalam kelompok gamelan Dutalaras.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini salah satu rangkaian kegiatan perayaan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat," kata Dayringer membuka acara 'Merayakan 70 Tahun Kemitraan AS-Indonesia dengan Gamelan' di @America, Jakarta, Rabu 27 November 2019.
 
Dayringer menambahkan, ini merupakan penampilan publik Dutalaras yang kedua. Sebelumnya, kelompok musik gamelan Kedubes AS tersebut bermain di Gereja Kristen Jawa Nehemia, Lebak Bulus, pada 17 Agustus lalu.
 
Dalam kesempatan sama, Dayringer mengungkapkan jika Kedutaan Besar RI di Washington juga melakukan hal sama di awal tahun. Para staf kedutaan bermain gamelan di Katedral yang ada di Washington.
 
"Dengan pertunjukkan gamelan ini, kami ingin terus maju bersama dengan Indonesia untuk 70 tahun mendatang dan selamanya," imbuh dia.
 
Salah satu pemain gamelan, Atase Angkatan Laut AS untuk Indonesia, Gregory R. Adams mengatakan sangat senang bisa tampil di muka publik memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Dia berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepadanya.
 
"Saya sangat senang dengan banyaknya dukungan dan cinta, dan saya sangat bersyukur karenanya. Ini memang untuk merayakan hubungan diplomatik Indonesia-AS karena persahabatan kita. Dan gamelan merupakan sebuah metafora indah untuk diplomasi," pungkasnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif