Ilustrasi kapal tenggelam. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi kapal tenggelam. (Foto: Medcom.id)

Tiga Kapal Tenggelam di Filipina, 11 Orang Tewas

Internasional kapal tenggelam filipina
Willy Haryono • 04 Agustus 2019 08:45
Manila: Sedikitnya sebelas orang tewas dan beberapa lainnya dinyatakan hilang dalam kecelakaan tiga kapal feri yang tenggelam di perairan lepas pantai Filipina pusat.
 
Dilansir dari Al Jazeera, Minggu 4 Agustus 2019, 63 korban selamat berhasil dievakuasi dari perairan pada Sabtu kemarin. Kepala Kepolisian regional Rene Pamuspusan mengatakan kepada awak media bahwa ketiga kapal kemungkinan tenggelam akibat digulung ombak besar.
 
Ketiga kapal diketahui melayani rute perjalanan pendek selama 20 menit antara kota pelabuhan Iloilo dan pulau Guimaras. Tenggelamnya dua dari ketiga kapal terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jasa pelayaran feri sempat dilanjutkan, di waktu yang bersamaan kapal ketiga dilaporkan tenggelam.
 
"Angin dan ombak tiba-tiba menjadi sangat kuat," kata juru bicara penjaga pantai Filipina Armand Balilo. Salah satu kapal feri, M/B Chichi, membawa sedikitnya 42 penumpang saat kecelakaan terjadi. Sepuluh korban jiwa berasal dari kapal tersebut.
 
Sementara kapal lainnya, M/B Keizha, dilaporkan dijalankan empat kru, dan feri ketiga -- M/B Jenny -- membawa sekitar 30 penumpang. Satu korban tewas berasal dari M/B Jenny.
 
Palang Merah Filipina mengunggah foto dua kapal yang tenggelam di media sosial. Salah satu foto memperlihatkan sebuah kapal yang terbalik di perairan. Foto lainnya memperlihatkan sebuah kapal yang hampir sepenuhnya tenggelam.
 
Video dari jaringan televisi ABS CBN TV memperlihatkan seorang petugas membawa anak kecil dari lokasi dengan menggunakan perahu motor menuju ambulans di dermaga Iloilo.
 
Badan meteorologi setempat memperingatkan akan adanya ancaman hujan deras serta badai yang saat ini berada sekitar 875 kilometer dari Filipina.
 
Sekitar 20 topan dan badai menghantam Filipina pada setiap tahunnya. Hal tersebut membuat Filipina sebagai salah satu negara paling rentan bencana alam di dunia.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif