Ilustrasi vaksin, Foto: AFP.
Ilustrasi vaksin, Foto: AFP.

Tiongkok Akan Beli Vaksin Covid-19 Melalui COVAX

Internasional vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 09 Oktober 2020 18:22
Beijing: Tiongkok akan membeli vaksin virus korona melalui program Fasilitas Vaksin Covid-19 Global (COVAX) untuk satu persen dari populasinya. Pernyataan ini disampaikan Kementerian Luar Negeri Tiongkok usai bergabung dengan COVAX yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
"Langkah ini menunjukkan partisipasi Tiongkok dalam program dan mengakomodasi kepentingan negara lain," kata juru biacara Kemenlu Tiongkok, Hua Chunying dalam jumpa pers, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 9 Oktober 2020.
 
Bergabungnya Beijing dalam COVAX menjadikan mereka negara dengan ekonomi terbesar dunia yang mendukung inisiatif tersebut hingga saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan terus fokus untuk memastikan bahwa negara berkembang memiliki akses yang sama ke vaksin yang sesuai, aman dan efektif," imbuh dia.
 
Semua vaksin yang dikembangkan dan disebarkan oleh Beijing akan dibuat menjadi barang publik global.
 
Negeri Tirai Bambu juga berjanji akan memperkuat kerja sama vaksin dengan negara terkait melalui jaringan COVAX.
 
"Tiongkok akan terus bekerja sama dengan mitra COVAX dan berkontribusi pada perang global melawan pandemi untuk menjaga keselamatan dan kesehatan semua manusia," pungkasnya.
 
Beijing memiliki beberapa vaksin yang tengah dalam uji klinis tahap ketiga, salah satunya vaksin produksi Sinovac. Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk dalam uji klinis tahap tiga vaksin Sinovac.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif