Ilustrasi grafik gempa bumi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi grafik gempa bumi. (Foto: Medcom.id)

Gempa Susulan Guncang Selandia Baru

Internasional Gempa Bumi selandia baru
Willy Haryono • 26 Mei 2020 08:56
Wellington: Sebuah gempa susulan mengguncang Selandia Baru pada Selasa 26 Mei 2020, setelah satu hari sebelumnya terjadi guncangan dengan kekuatan magnitudo 5,8. Dalam guncangan kedua, kekuatan gempa berada di angka magnitudo 5,2.
 
Dilansir dari 9News, ribuan warga Selandia Baru merasakan guncangan kedua yang terjadi sekitar pukul 12.30 waktu setempat.
 
Episentrum gempa berada di lokasi yang sama dengan guncangan perdana. Keduanya berada sekitar 30 kilometer dari Levin dan 100 km dari Wellington.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Guncangan perdana pada Senin kemarin terjadi saat Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern sedang menjalani wawancara dalam sebuah siaran langsung di televisi. PM Ardern mencoba tetap tenang saat gempa terjadi.
 
"Ada sekitar gempa bumi di sini," ucap PM Ardern dalam wawancara bersama media Newshub. "Guncangannya cukup kuat. Benda-benda di sini bergoyang," sambungnya.
 
Setelah guncangan berhenti, PM Ardern kembali melanjutkan wawancara. Ia mengatakan bahwa dirinya sedang berada di "sebuah tempat yang strukturnya baik."
 
Selandia Baru kerap diguncang gempa dari waktu ke waktu karena berlokasi di Cincin Api atau "Ring of Fire," sebuah lengkungan sepanjang 40 ribu kilometer yang sarat aktivitas seismik.
 
Pada 2011, kota Christchurch di Selandia Baru diguncang gempa magnitudo 6,3 dan menewaskan 185 orang. Kemudian pada 2016, gempa magnitudo 7,8 melanda Pulau Kaukoura dan menewaskan dua orang yang menyebabkan kerusakan senilai miliaran dolar.
 
Gempa terjadi saat Selandia Baru secara bertahap mulai kembali ke kehidupan normal usai berjuang melawan virus korona (covid-19). Saat ini, kebijakan penguncian wilayah (lockdown) di Selandia Baru berada di level 2 setelah sempat bertengger di fase 4 atau maksimal.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif