Warga miskin India berkumpul sambil jaga jarak untuk menerima makanan. Foto: AFP
Warga miskin India berkumpul sambil jaga jarak untuk menerima makanan. Foto: AFP

Rakyat Miskin Kesusahan, India Berencana tak Perpanjang Lockdown

Internasional india Virus Korona Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 30 Maret 2020 21:25
New Delhi: India tidak memiliki rencana untuk memperpanjang lockdown 21 hari demi memperlambat penyebaran virus covid-19 di negara tersebut. Pasalnya, warga miskin di India mengalami kesusahan.
 
Pemerintah mengatakan mereka berjuang untuk menjaga pasokan bahan pokok tetap mengalir. Pemerintah juga berusaha untuk mencegah puluhan ribu pekerja pulang kampung.
 
Sekretaris Kabinet Rajiv Gauba mengatakan tidak ada rencana untuk memperpanjang lockdown. Pernyataannya tersebut membantah adanya laporan India akan memperpanjang penguncian sementara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kasus positif virus korona di India mencapai 1.071, dan 29 diantaranya meninggal dunia," kata Kementerian Kesehatan India dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Channel News Asia, Senin 30 Maret 2020.
 
Jumlahnya memang masih terbilang sedikit dibandingkan dengan Amerika Serikat, Italia dan Tiongkok. Namun, pejabat kesehatan mengatakan bisa terjadi lonjakan besar karena sistem kesehatan masyarakat yang lemah.
 
Kekhawatiran utama di India adalah ratusan ribu pekerja yang pulang kampung. Mereka dinilai dapat menyebarkan virus ke keluarganya yang ada di desa.
 
"Ini adalah situasi yang berkembang dengan tantangan baru setiap hari. Terlihat populasi migrasi bergerak dari satu tempat ke tempat lain," kata Direktur Pusat Pengendalian Penyakit Nasional SK Singh.
 
Pada akhir pekan lalu, pemerintah pusat India memerintahkan pihak berwenang di negara bagian untuk menghentikan kepulangan para pekerja migran. Mereka juga diminta untuk mendirikan tempat penampuangan di jalan raya, agar warga yang terdampar bisa mendapat akses ke makanan dan air.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif