Pesawat jet tempur J-16 melakukan manuver di langit Changchun, Tiongkok pada 17 Oktober 2019. (STR / AFP)
Pesawat jet tempur J-16 melakukan manuver di langit Changchun, Tiongkok pada 17 Oktober 2019. (STR / AFP)

Tiongkok Tak Akan Toleransi Intervensi Asing di Taiwan

Internasional politik taiwan g7 Tiongkok taiwan as-tiongkok tiongkok-taiwan
Marcheilla Ariesta • 16 Juni 2021 13:04
Beijing: Tiongkok tidak akan menoleransi campur tangan asing dalam isu Taiwan. Mereka menegaskan akan memberikan respons tegas terhadap intervensi semacam itu.
 
Peringatan Tiongkok disampaikan usai Taiwan melaporkan terjadinya pelanggaran udara terbesar yang dilakukan pesawat jet tempur Beijing. Sebanyak 28 pesawat angkatan udara Tiongkok, termasuk jet tempur dan pengebom berkemampuan nuklir, memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.
 
"Kami tidak akan pernah memberikan toleransi terhadap upaya intervensi asing dalam mendorong kemerdekaan atau intervensi serampangan dalam masalah Taiwan," ucap juru bicara Kantor Urusan Taiwan Tiongkok, Ma Xiaoguang, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 16 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, kami perlu membuat tanggapan yang kuat terhadap tindakan kolusi semacam ini," sambungnya.
 
Masuknya pesawat angkatan udara Tiongkok ke ADIZ Taiwan terjadi setelah para pemimpin G7 mengeluarkan pernyataan bersama yang berisi 'serangan' terhadap Negeri Tirai Bambu. Dalam sebuah komunike usai KTT di Brussels, G7 menggarisbawahi pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.
 
Beijing meyakini Taiwan saat ini tengah berkoordinasi dengan negara-negara asing, termasuk anggota G7, dalam mendeklarasikan kemerdekaan formal.
 
Taiwan mengeluhkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, pesawat Tiongkok berulang kali melakukan pelanggaran. Operasi AU Tiongkok terkonsentrasi di bagian barat daya zona pertahanan udara dekat Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan.
 
"Operasi terbaru Tiongkok melibatkan 14 pesawat tempur J-16 dan enam J-11, serta empat pengebom H-6 yang dapat membawa senjata nuklir, pesawat anti-kapal selam, dan pesawat peringatan dini," kata Kementerian Pertahanan Taiwan.
 
Pesawat Tiongkok dilaporkan tidak hanya terbang di daerah yang dekat dengan Kepulauan Pratas, namun hingga ke sekitar bagian selatan Taiwan dekat ujung bawah pulau itu.
 
Baca:  28 Pesawat Militer Tiongkok Masuk ke Wilayah Taiwan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif