Ilustrasi (Medcom.id)
Ilustrasi (Medcom.id)

Fakta Covid-19 Omicron, Ternyata WHO Beri Kabar Baik

Internasional Virus Korona WHO covid-19 Omicron Varian Omicron
Rendy Renuki H • 05 Desember 2021 23:34
Jakarta: Virus Covid-19 varian Omicron mulai mebawah ke seluruh dunia. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungapkan fakta terbaru soal varian Omicron.
 
WHO tengah mengumpulkan bukti mengenai infeksi Omicron. Namun, temuan yang didapatkan sejauh ini dilaporkan hanya gejala yang sangat ringan.
 
Menurut juru bicara WHO Christian Lindmeier, belum ditemukan adanya kasus kematian akibat varian Covid-19 yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan Botswana itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya belum melihat laporan kematian terkait Omicron. Kami sedang mengumpulkan semua bukti, dan kami akan menemukan lebih banyak bukti seiring berjalan waktu," kata Lindmeier mengutip AFP.
 
Meski demikian, WHO menyarankan setiap negara tetap mempercepat proses vaksinasi. Protokol kesehatan ketat yang telah dijalankan pun agar tetap dipatuhi.
 
"Kita tidak boleh hanya mengandalkan tindakan pencegahan. Yang paling penting adalah mempersiapkan varian ini dengan potensi penularan yang tinggi," ujar Direktur Pasifik WHO Takeshi Kasai.
 
"Sejauh ini informasi yang tersedia menunjukkan bahwa kita tidak perlu mengubah pendekatan kita," lanjutnya.
 
Covid-19 varian Omicron pertama kali dilaporkan berada di Afrika Selatan dan Botswana. Namun, varian itu cepat mewabah ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Nigeria, dan Portugal.
 
Omicron pun telah menjalar ke beberapa negara di kawasan Asia. Seperti Arab Saudi, Jepang, hingga dua negara tetangga Indonesia yakni Malaysia dan Singapura.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif