Petugas mencari korban longsor di perkebunan teh di Kerala, India, Senin 10 Agustus 2020. (Foto: AFP)
Petugas mencari korban longsor di perkebunan teh di Kerala, India, Senin 10 Agustus 2020. (Foto: AFP)

Longsor di Perkebunan Teh India Tewaskan 43 Orang

Internasional india
Willy Haryono • 10 Agustus 2020 13:15
Kerala: Tanah longsor di sebuah perkebunan teh di negara bagian Kerala, India, menewaskan 43 orang. Hingga Senin 10 Agustus 2020, sekitar 20 orang lainnya masih dinyatakan hilang dalam musibah yang terjadi pada Jumat pekan kemarin itu.
 
Musibah longsor, yang dipicu hujan deras berkepanjangan di Kerala, melanda perkebunan teh di distrik Idduki pada Jumat dini hari. Saat kejadian, sebagian besar pekerja masih tertidur.
 
"Kami telah menghentikan operasi pencarian untuk hari ini karena hujan begitu deras. Operasi akan dilanjutkan hingga semua jasad ditemukan," ujar pejabat distrik Idduki, H Dineshan, seperti dilansir dari Al Jazeera.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2018, Kerala dilanda banjir terburuk dalam seabad terakhir. Ratusan orang tewas dalam kejadian tersebut, yang sebagian besar adalah warga Idduki.
 
Masih dari Kerala, sedikitnya 18 orang tewas dalam kecelakaan pesawat di Bandara Internasional Kozhikode. Pesawat maskapai Air India Express itu tergelincir di landasan pacu saat berusaha mendarat di tengah hujan deras.
 
Setelah tergelincir, pesawat jatuh ke lereng dekat bandara dan badannya terbelah dua. Tidak terjadi ledakan saat badan pesawat terbelah, sehingga petugas masih dapat menyelamatkan banyak penumpang.
 
Minggu kemarin, Departemen Meteorologi India memprediksi hujan deras untuk wilayah Idduki, Wayanad, dan juga Mallapuram.
 
Musim hujan di Asia Selatan merupakan hal penting untuk mengisi kembali sungai dan danau. Namun intensitas hujan yang terlalu deras juga sering memicu musibah yang menelan banyak korban jiwa.
 
Menurut keterangan Kementerian Dalam Negeri India, sedikitnya 780 orang tewas dalam insiden terkait hujan deras di seantero negeri antara akhir Mei hingga Kamis pekan kemarin.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif