Pesawat jet tempur F-16 milik Taiwan (bawah) mencegat pesawat pengebom H-6K milik Tiongkok. (Defence Ministry of Taiwan/AFP)
Pesawat jet tempur F-16 milik Taiwan (bawah) mencegat pesawat pengebom H-6K milik Tiongkok. (Defence Ministry of Taiwan/AFP)

Pesawat Pengebom dan Jet Tiongkok Langgar Zona Udara Taiwan

Internasional tiongkok taiwan tiongkok-taiwan
Willy Haryono • 25 Januari 2021 08:14
Taipei: Taiwan melaporkan adanya pelanggaran zona udara yang dilakukan sejumlah pesawat tempur Tiongkok pada akhir pekan kemarin, 23 dan 24 Januari 2021. Pelanggaran ini dilakukan Tiongkok beberapa hari usai pelantikan Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat.
 
Sejumlah analis meyakini langkah terbaru Tiongkok ini bertujuan untuk melihat level dukungan Biden untuk Taiwan. Tiongkok menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya, sementara Taiwan merasa berdiri sebagai negara independen.
 
Dikutip dari laman BBC, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa delapan pesawat pengebom, empat jet tempur, dan satu anti-kapal selam Tiongkok telah memasuki zona identifikasi udara barat Taiwan pada Sabtu kemarin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sementara operasi (Tiongkok) pada hari Minggu meliputi 12 jet tempur, dua anti-kapal selam, dan satu jenis pengintai," lanjut Kemenhan Taiwan.
 
Baca:  Pecah Rekor! Jet Tiongkok 380 Kali Langgar Zona Pertahanan Taiwan
 
Dalam pelanggaran di dua hari tersebut, Angkatan Udara Taiwan mengeluarkan peringatan ke arah pesawat-pesawat Tiongkok. Taiwan juga mengerahkan sistem misil pertahanan udara untuk mengawasi pergerakan Tiongkok.
 
Kemenhan Taiwan mengatakan, pesawat pengebom Tiongkok yang melanggar zona identifikasi pertahana udara memiliki kemampuan untuk membawa senjata nuklir.
 
Hingga saat ini belum ada komentar resmi dari Pemerintah Tiongkok mengenai klaim pelanggaran dari Taiwan.
 
Dalam beberapa bulan terakhir, Tiongkok terpantau sering melakukan operasi penerbangan rutin di perairan antara bagian selatan Taiwan dan Kepulauan Pratas di Laut China Selatan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif