Staf medis memproduksi obat tradisional untuk menangani pasien covid-19 di Wuhan, Tiongkok. (Foto: AFP)
Staf medis memproduksi obat tradisional untuk menangani pasien covid-19 di Wuhan, Tiongkok. (Foto: AFP)

Tiongkok Temukan Virus Baru yang Berpotensi Menjadi Pandemi

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 30 Juni 2020 11:41
Beijing: Tim ilmuwan di Tiongkok telah mengidentifikasi sebuah jenis virus flu baru yang berpotensi menjadi pandemi di masa mendatang. Virus flu itu disebut berasal dari babi, namun dapat menginfeksi tubuh manusia.
 
Para peneliti khawatir virus flu baru itu dapat bermutasi lebih lanjut dan menyebar dengan mudah antar manusia. Jika itu terjadi, maka berpotensi memicu pandemi seperti virus korona (covid-19).
 
Varian virus terbaru ini disebut mirip dengan flu babi yang sempat muncul pada 2009. Sejauh ini, virus bernama G4 EA H1N1 tersebut belum dikategorikan sebagai ancaman besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Virus ini memiliki karakteristik tertentu yang dapat beradaptasi dan menginfeksi manusia," kata Profesor Kin-Chow Chang, dikutip dari BBC, Selasa 30 Juni 2020.
 
"Ini adalah virus yang harus terus dipantau perkembangannya," sambung dia.
 
Karena terbilang baru, Chang khawatir hanya ada sedikit orang, atau bahkan tidak ada sama sekali, yang memiliki kekebalan terhadap virus tersebut.
 
Melalui tulisan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, Chang dan koleganya mendorong agar otoritas kesehatan mengawasi secara ketat kondisi pekerja di industri peternakan babi.
 
Flu babi sempat mewabah pada 2009 yang bermulai di Meksiko. Saat itu, wabah tersebut ternyata tidak terlalu mematikan seperti yang dikhawatirkan, karena banyak orang lanjut usia yang sudah memiliki kekebalan tersebut virus tersebut.
 
Sejumlah ilmuwan memperkirakan kekebalan tersebut ada di tubuh banyak orang karena virus yang hampir sama sudah menyebar beberapa tahun sebelumnya. Virus tersebut, bernama A/H1N1pdm09, kini sudah dapat diatasi dengan vaksin flu tahunan yang tersedia di banyak negara.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif