Cuaca buruk melanda Korea Utara pada awal bulan ini. Foto: AFP
Cuaca buruk melanda Korea Utara pada awal bulan ini. Foto: AFP

Korut Diterjang Banjir, 22 Orang Tewas

Internasional korea utara
Marcheilla Ariesta • 14 Agustus 2020 16:34
Pyongyang: Korea Utara (Korut) dilanda banjir bandang yang menewaskan sedikitnya 22 orang. Selain itu, empat orang lainnya masih dinyatakan hilang.
 
Federasi Palang Merah Internasional (IFRC) mengatakan banjir juga telah menyebabkan kerusakan tanaman yang meluas. Bencana alam ini meningkatkan kekhawatiran ekonomi di negara yang sudah mengalami kekurangan pangan kronis tersebut.
 
Laman Voice of America, Jumat, 14 Agustus 2020 mengutip Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) melaporkan hampir 40 ribu hektar tanaman rusak dan 17 ribu rumah hancur dan tergenang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak ruas jalan, jembatan dan rel kereta api rusak, bendungan pembangkit listrik runtuh dan ada kerusakan parah lainnya di berbagai sektor ekonomi nasional," kata KCNA.
 
Semenanjung Korea telah mengalami musim hujan yang jauh lebih lama dari biasanya. Beberapa bagian Korea Selatan juga baru-baru ini mengalami hujan selama 49 hari berturut-turut, menyebabkan banjir dan tanah longsor yang menewaskan puluhan orang.
 
Korut sendiri sangat rentan terhadap banjir. Negara yang dipimpin Kim Jong-un itu kekurangan infrastruktur yang memadai dan mengalami deforestasi meluas akibat penebangan pohon untuk bahan bakar atau membuka lahan pertanian.
 
Banjir kali ini datang saat Pyongyang tengah berusaha mencegah penyebaran virus korona. Bulan lalu, Korut mengunci daerah di sekitar Kaesong setelah memperingatkan seorang pembelot dari Korsel yang mungkin membawa virus melintasi perbatasan.
 
KCNA melaporkan jika penguncian Kaesong telah dicabut. "Pencabutan berdasarkan verifikasi ilmiah dan jaminan oleh organisasi anti-epidemi profesional," kata mereka.
 
Korut melaporkan tidak ada virus korona yang dikonfirmasi untuk melakukan tindakan ketat mencegah penyebaran penyakit.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif