Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono. Foto: AFP
Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono. Foto: AFP

Jepang Batal Beli Sistem Pertahanan Rudal dari AS

Internasional amerika serikat jepang
Fajar Nugraha • 25 Juni 2020 17:03
Tokyo: Jepang membatalkan pembelian sistem pertahanan antirudal dari Amerika Serikat (AS). Program bernilai miliaran dolar itu dianggap terlalu mahal dan kontroversial.
 
Sistem pertahanan pecegat rudal, Aegis Ashore ditempatkan di dua wilayah. Tetapi pemerintah berbalik arah di bawah tekanan dari penduduk setempat yang khawatir tentang risiko yang ditimbulkan oleh sistem pertahanan rudal di lingkungan mereka.
 
"Dewan Keamanan Nasional membahas masalah ini dan mencapai kesimpulan bahwa pengerahan Aegis Ashore di Akita dan Yamaguchi akan dibatalkan," Menteri Pertahanan Taro Kono mengatakan pada pertemuan Partai Demokrat Liberal, seperti dikutip AFP, Kamis, 25 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya ingin meminta maaf yang dalam atas hal ini,” jelasnya.
 
Pemerintah semula menjamin bahwa rudal pencegat tidak akan mendarat di daerah perumahan dekat tempat sistem itu berada. Namun minggu lalu, Kano mengatakan, pihak menjamin mengenai keselamatan warga karena akan memerlukan upgrade perangkat keras yang mahal dan memakan waktu.
 
Sistem Aegis Ashore, pembelian yang disetujui pada 2017, diperkirakan menelan biaya Jepang USD4,2 miliar selama tiga dekade. Namun ada klaim mengenai perkiraan biaya yang melonjak dari kesepakatan awal.
 
Kesepakatan untuk membeli sistem itu dipandang sebagai bagian dari upaya Tokyo meningkatkan kemampuan pertahanan setelah peluncuran rudal Korea Utara. Tetapi ini juga sebagai cara untuk membina hubungan yang lebih dekat dengan Washington.
 
Presiden AS Donald Trump telah mendorong sekutu untuk membeli lebih banyak produk Amerika, termasuk peralatan militer. Angkatan bersenjata Jepang telah lama dibatasi untuk membela diri dan negara itu sangat bergantung pada AS di bawah aliansi keamanan bilateral.
 
Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan minggu lalu pemerintah berkomitmen untuk mempertimbangkan alternatif sistem Aegis Ashore.
 
"Seharusnya tidak ada celah dalam pertahanan negara kami. Kami ingin mengadakan diskusi tentang langkah-langkah yang diperlukan," pungkas Abe.
 

(FJR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif