Pemandangan salah satu sudut kota Taipei, Taiwan. (Foto: AFP)
Pemandangan salah satu sudut kota Taipei, Taiwan. (Foto: AFP)

Taiwan Bebas Kasus Lokal Covid-19 Selama 210 Hari

Internasional Virus Korona taiwan pandemi covid-19
Willy Haryono • 18 November 2020 16:03
Taipei: Sejak pandemi virus korona (covid-19) melanda dunia, saat ini jumlah kasusnya telah melampaui 55 juta kasus dengan lebih dari 1,3 juta kematian di level global. Hingga pekan ini, Taiwan hanya mengonfirmasi total 603 kasus, 55 di antaranya adalah infeksi lokal, dan kurang dari 50 orang dirawat di rumah sakit atau dirawat di ruang isolasi, serta hanya 7 kematian.
 
Tidak ada lagi infeksi lokal covid-19 di Taiwan selama lebih dari 210 hari.
 
"Taiwan dapat mencapai hasil luar biasa dalam pencegahan pandemi karena respons cepat dari pemerintah dan transparansi informasi. Pemerintah Taiwan yang demokratis setiap saat selalu memberikan informasi terbuka dan transparan, serta mengumumkan situasi pandemi terbaru," ungkap pernyataan tertulis Taipei Economic and Trade Office (TETO) yang diterima Medcom.id pada Rabu, 18 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Daniel Twining, Ketua International Republican Institute (IRI), belum lama ini menyatakan bahwa dilihat dari berbagai sudut pandang, kinerja anti-pandemi Taiwan lebih baik daripada Tiongkok, termasuk dalam jumlah kematian secara keseluruhan, dampak ekonomi, penghormatan terhadap hak asasi manusia dan lainnya.
 
Nilai-nilai demokrasi dianggap turut berperan dalam kesuksesan Taiwan meredam penyebaran covid-19. Sejak dimulainya pandemi, mekanisme demokrasi Taiwan merespon terhadap suara masyarakat, dan pemerintah dinilai mau belajar dari aksi protes ketimbang menekannya.
 
"Selain itu, masyarakat Taiwan sama seperti masyarakat Indonesia, memiliki semangat untuk saling membantu. Masyarakat Taiwan juga memahami bahwa ketika penyakit menular sedang mewabah, menolong sesama manusia adalah membantu diri sendiri juga," ungkap pernyataan TETO.
 
Tanpa paksaan pemerintah, masyarakat Taiwan menunjukkan tingkat pemahaman demokrasi yang tinggi serta memiliki semangat gotong royong, dan juga sukarela mematuhi berbagai langkah pencegahan pandemi, seperti sering mencuci tangan, memakai masker dan mengurangi pertemuan. TETO mengatakan, tingkat pemahaman demokrasi yang tinggi dari rakyat Taiwan dan kebijakan yang benar dari pemerintah, saling melengkapi dalam mengalahkan pandemi.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif