NEWSTICKER
PM India Narendra Modi. (Foto: AFP)
PM India Narendra Modi. (Foto: AFP)

Tekan Penyebaran Korona, India Berlakukan Aturan Jam Malam

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 22 Maret 2020 17:23
New Delhi: Pemerintah India menerapkan aturan jam malam selama 14 jam setiap hari untuk membatasi penyebaran penyakit virus corona (covid-19). Kebijakan baru ini diberlakukan mulai Minggu 22 Maret 2020.
 
Sejauh ini, India telah melaporkan adanya 332 kasus covid-19 dengan empat kematian dan 27 pasien sembuh.
 
Pekan kemarin, Perdana Menteri Narendra Modi telah menyerukan kepada seluruh warga India untuk tetap berada di dalam rumah mulai dari pukul 07.00 pagi hingga 21.00 malam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Guardian, PM Modi menilai pembatasan pergerakan warga ini merupakan tes krusial bagi India dalam memerangi pandemi covid-19.
 
"Mari kita semua menjadi bagian dari aturan jam malam ini, yang akan menambah kekuatan dalam perang melawan covid-19," tulis PM Modi, beberapa menit usai aturan jam malam diumumkan.
 
"Langkah-langkah yang kami ambil saat ini akan membantu di masa mendatang," lanjutnya.
 
Selain India, beberapa negara juga telah memberlakukan aturan jam malam. Yordania telah membunyikan sirene sebagai tanda dimulainya jam malam yang akan membatasi pergerakan sekitar 10 juta warga hingga jangka waktu yang tak ditentukan.
 
Aturan jam malam di Yordania meliputi pembatasan pergerakan semua warga. Warga hanya dapat keluar rumah untuk urusan darurat atau mendesak, seperti pergi ke rumah sakit atau membeli bahan makanan.
 
Militer Yordania menegaskan, siapapun yang terbukti melanggar aturan jam malam ini akan langsung dijebloskan ke penjara. Masa hukuman beragam, dengan vonis maksimal satu tahun penjara.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif