Warga mengantre tes Covid-19 di Beijing, Tiongkok, 21 Januari 2022. (Jade GAO / AFP)
Warga mengantre tes Covid-19 di Beijing, Tiongkok, 21 Januari 2022. (Jade GAO / AFP)

2 Juta Warga Beijing Jalani Tes Covid-19 Jelang Olimpiade Musim Dingin

Internasional Tiongkok covid-19 Olimpiade Beijing 2022 Omicron Varian Omicron
Willy Haryono • 23 Januari 2022 13:19
Beijing: Pemerintah kota Beijing menegaskan bahwa dua juta warga di sebuah kawasan permukiman tempat munculnya sebuah klaster kecil Covid-19 akan menjalani tes virus tersebut. Tes akan dilakukan mulai hari Minggu ini, 23 Januari 2022, kurang dari dua pekan menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 bulan depan.
 
Dikutip dari AFP, pengumuman disampaikan beberapa hari usai kantor pos Tiongkok memerintahkan para pekerjanya untuk mendesinfeksi surat-surat internasional. Perintah diberikan usai otoritas Beijing mengklaim bahwa surat dapat menjadi sumber Covid-19.
 
Padahal, menurut keterangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pengawasan Penyakit (CDC), risiko tertular Covid-19 dari permukaan yang terkontaminasi seperti kertas relatif rendah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam sepekan terakhir, sekitar 30 infeksi Covid-19 telah terdeteksi di Beijing, salah satu kota terpadat di dunia. 
 
Jumlah kasus harian Covid-19 di Tiongkok hanya fragmen kecil dari lonjakan besar infeksi di banyak negara di dunia. Lonjakan ini dipicu kemunculan Omicron, salah satu varian Covid-19 yang sangat menular.
 
Meski angka infeksi relatif rendah, Tiongkok tetap berkukuh menerapkan strategi "nol kasus" di seantero negeri. Ini artinya, Tiongkok ingin menekan angka infeksi harian hingga ke angka nol, sebuah kebijakan yang disebut banyak negara sebagai tindakan sia-sia.
 
Alih-alih "nol kasus," sejumlah negara mulai mempertimbangkan atau menerapkan kebijakan "hidup bersama Covid-19."
 
Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 akan dimulai pada 4 Februari mendatang. Delegasi internasional, awak media dan para atlet sudah mulai berdatangan ke ibu kota Tiongkok.
 
Dalam upaya mengendalikan penyebaran Covid-19, Tiongkok memberlakukan sistem "gelembung" di setiap lokasi cabang olahraga olimpiade.
 
Baca:  Tiongkok Tutup 'Gelembung Pertandingan' Jelang Olimpiade Musim Dingin
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif